Yuk, Masak dengan Anak!

0 Comment

Mengajak anak memasak bisa jadi kegiatan seru dan penuh manfaat. Terpenting, menciptakan quality time Bunda dengan si Kecil. Sebelum memasak bersama anak, persiapkan beberapa hal berikut ini, yuk.

Kegiatan memasak bersama anak mungkin membuat Bunda sedikit repot. Tetapi sebetulnya bermain di dapur banyak bermanfaat. Utamanya, untuk menambah pengetahuan, mengasah keterampilan, kesabaran, kedisiplinan, mengembangkan motorik halus serta meningkatkan kemampuan kognitif anak.

Mengajak anak memasak di dapur juga membuat anak tertarik untuk mencoba makanan baru yang ia buat sendiri. Selain itu, membuat anak lebih percaya diri karena telah dipercaya membantu Bunda.

Tentu saja sebelum mengajak anak ke dapur Bunda harus melakukan persiapan. Nah, apa saja yang harus dipersiapkan agar kegiatan memasak dengan anak menyenangkan?

1. Edukasi dan Pengawasan
Sebelum memasak bersama, berikan edukasi pada anak tentang hal-hal mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Ini sangat penting dilakukan, terutama pada anak-anak usia di bawah 5 tahun.

Misalnya, tidak boleh terlalu dekat dengan kompor menyala, pisau/gunting tajam sehingga harus berhati-hati memakainya, tidak boleh memegang panci panas, tidak berlari-lari atau naik-naik di dapur, hati-hati pinggiran meja yang tajam, selalu minta bantuan orang tua jika mengambil benda-benda yang sulit di jangkau.

Bunda sebaiknya selalu mengawasi setiap hal yang dilakukan oleh anak di dapur, supaya keselamatan anak terjaga.

2. Sesuaikan Usia
Sebaiknya kegiatan di dapur disesuaikan dengan usia anak. Untuk anak prasekolah (3-5 tahun) bisa membantu mencuci sayuran, menghitung bahan makanan, memindahkan dan mengelompokkan bahan makanan, mengambilkan sesuai instruksi Bunda.

Untuk anak usia 6-10 tahun bisa membantu mengaduk bahan makanan, mengocok telur, memasukkan tepung, menabur bumbu, menimbang bahan makanan, serta membacakan resep.

Sedangkan untuk usia di atas 10 tahun sudah mulai bisa melakukan hal-hal yang lebih sulit tetapi tetap dalam pengawasan orang tua, misalnya memotong, membumbui, mengukus, menggoreng, memasukkan ke dalam oven atau blender, menata makanan serta mencuci wadahnya setelah selesai makan.

3. Mencuci Tangan
Ajarkan kebiasaan anak untuk mencuci tangan sebelum dan setelah memasak agar kebersihan makanan terjaga.

4. Menu Favorit Anak
Masaklah menu makanan bergizi kesukaan anak dalam bentuk-bentuk yang menarik, misalnya bentuk huruf, hewan atau dinosaurus. Dengan begitu anak jadi lebih bersemangat memasak dan menyantapnya.

Bunda bisa menggunakan So Good Chicken Nugget Alphabet yang kaya protein karena terbuat dari daging dada ayam pilihan. Bentuk hurufnya sangat menarik dan bisa menjadi sarana edukasi anak untuk belajar merangkai kata. So Good Chicken Nugget Alphabet juga diperkaya Omega-3 yang baik bagi perkembangan otak anak. Balutan breadcrumbnya sangat renyah dan rasanya original.

Anak sangat suka dinosaurus? Bunda bisa berkreasi dengan So Good Chicken Nugget Dinobites yang berbentuk dinosaurus yang sangat playful. Waktu masak dan makan pun jadi semakin menyenangkan buat anak, serta melatih kreativitas dan imajinasinya.

So Good Chicken Nugget Dinobites terbuat dari daging dada ayam pilihan yang kaya protein dan dibalut breadcrumb renyah. Sangan cocok sebagai camilan dan lauk untuk anak tercinta. Kreasikan So Good Chicken Nugget Alphabet dan So Good Chicken Nugget Dinobites dengan aneka sayuran, cocolan atau sumber protein baik lainnya. Praktis, kan?

5. Menata Makanan
Biarkan anak membantu Bunda menata makanan di atas meja makan. Dengan begitu anak menjadi lebih bersemangat untuk mencoba aneka makanan yang disajikan.

Selamat mencoba!