Yuk Cari Tahu 4 Macam Bumbu Dasar, Untuk Apa Saja?

0 Comment

Aneka bumbu dan rempah memperkaya cita rasa masakan Indonesia. Sudah tahukah Bunda, ada 4 macam bumbu dasar yang wajib kita ketahui agar proses memasak lebih mudah, cepat, dan praktis.

Bumbu Dasar Merah
Cita rasanya yang pedas cocok untuk membuat aneka masakan balado, sambal goreng, nasi goreng, pepes atau tumisan. Terbuat dari cabai merah besar atau cabai merah keriting, bawang merah, bawang putih, dan garam. Jika suka, bisa di tambahkan merica dan terasi. Sesuaikan banyaknya cabai dengan kebutuhan keluarga, ya.

Bumbu Dasar Putih
Terbuat dari bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, dan garam. Rasanya gurih dan memiliki aroma yang khas. Biasanya bumbu ini digunakan untuk hidangan soto, tumisan, gudeg, bobor, bacem, oseng-oseng, rawon, dan opor.

Bumbu Dasar Kuning
Cara membuatnya, haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, kunyit, serta garam. Bumbu dasar kuning biasa digunakan untuk memasak kari ayam, pesmol, pepes, soto, acar kuning, dan ayam ungkep.

Bumbu Dasar Oranye
Terbuat dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, kemiri, kunyit, jahe, lengkuas, adas manis, jintan, kapulaga, ketumbar. Aromanya cukup kuat dan cocok digunakan untuk membuat kari, gulai, rendang serta tumisan.

Setelah bahan-bahan baku dipersiapkan, maka masing-masing bumbu dasar tersebut harus dihaluskan dan ditumis hingga matang. Setelah dingin, masukkan dalam wadah rapat dan simpan di dalam lemari es. Sehingga saat memasak, Bunda tinggal memakai bumbu dasar sesuai menu dan porsi yang dibutuhkan.

Dan jika ingin yang lebih praktis lagi, saat memasak olahan ayam, seperti soto ayam, opor ayam atau sup ayam, Bunda bisa menggunakan So Good Ayam Potong Paha & Dada, atau So Good Ayam Utuh Potong 10 yang berisi campuran lengkap dari potongan paha, dada dan sayap dalam satu kemasan.

Tidak punya banyak waktu mengolah? Bunda bisa mencoba So Good Ayam Potong Paha Dada Bumbu Kuning dan So Good Ayam Potong Paha Dada Bumbu Pedas Manis yang siap goreng, rebus, kukus, atau panggang sesuai dengan selera Bunda dan keluarga. Diproses dan dibekukan dengan teknologi terkini membuat bumbu meresap sempurna dan daging tetap juicy.

Dengan mempersiapkan bumbu dasar, proses memasak jadi lebih mudah dan cepat.