Tips Praktis Memasak 5 Masakan Tradisional

0 Comment

Siapa bilang memasak masakan tradisional itu selalu susah dan ribet? Dengan melakukan beberapa tips berikut ini, proses memasak bisa lebih singkat dan hasilnya tetap lezat.

Kelezatan masakan tradisional seperti semur, soto, balado, opor, pepes dan sebagainya selalu bikin ngiler. Inginnya, sih, membuat sendiri di rumah, tetapi membayangkan proses memasaknya saja kok rasanya sulit. Alhasil, jempol malah memesan makanan via driver online. Ayo, siapa yang punya pengalaman serupa?

Padahal jika tahu tips-tipsnya, memasak masakan tradisional juga bisa praktis, lo, Bunda.

1. Opor Ayam
Membuat opor ayam membutuhkan bumbu dasar putih yang terbuat dari bawang putih, kemiri, bawang merah, merica, kunyit, lengkuas, jahe, ketumbar, dan garam yang dihaluskan. Persingkat waktu meracik bumbu tersebut dengan membuat dan menyetoknya di freezer sebelum memasak.

Gunakan bahan makanan beku yang lebih praktis dan berkualitas, seperti So Good Ayam Utuh Potong 10. Lebih hemat waktu tanpa harus membersihkan dan memotong-motong ayam, kan?

2. Semur Ayam
Hidangan favorit keluarga ini bisa dibuat dalam waktu singkat, lho, Bunda. Kuncinya, pilih bumbu dan rempah yang masih segar, kecap manis kedelai hitam, dan gunakan daging ayam pilihan.

Biasanya si Kecil suka sekali potongan paha ayam yang lembut, sedangkan Bunda lebih memilih daging dada yang tebal. Cocok menggunakan So Good Ayam Potong Paha & Dada yang praktis dan higienis.

3. Ayam Goreng Bumbu Lengkuas
Waktu yang terbatas juga bisa disiasati dengan menggunakan bahan makanan setengah matang. Misalnya, si Kecil ingin dibuatkan ayam goreng bumbu lengkuas, Bunda bisa memakai So Good Ayam Potong Paha Dada Bumbu Kuning yang tinggal digoreng. Diproses dengan teknologi terkini membuat bumbunya meresap sempurna dan daging tetap juicy.

4. Soto Ayam
Ingin masak soto ayam untuk makan siang? Sama dengan opor, soto ayam juga memakai bumbu dasar putih. Jika Bunda sudah menyetoknya di freezer, tinggal dipindahkan ke lemari es bawah pada malam harinya dan paginya siap digunakan.

Untuk menyingkat waktu juga, bersihkan dan potong-potong pelengkap soto pada malam harinya, misalnya irisan kol dan taoge rebus, bihun rebus, potongan jeruk nipis dan tomat, bawang goreng, daun bawang, telur rebus, dan sambal.

Agar kuah soto ayam lebih gurih, gunakan satu ayam utuh dan rebus dengan api kecil hingga kaldunya keluar. Agar lebih praktis, Bunda bisa memakai So Good Ayam Utuh Potong 10 yang berisi satu ekor ayam dengan campuran lengkap yaitu paha, dada dan sayap.

5. Pepes Ayam
Hidangan pepes ayam berbeda-beda setiap daerah, ada yang memakai bumbu dasar kuning, putih, bahkan merah. Tinggal sesuaikan dengan selera keluarga. Jika mau lebih praktis, Bunda enggak perlu mengulek bumbu tetapi cukup mengirisnya.

Selain bumbu yang berlimpah, kelezatan rasa pepes juga terletak pada paduan rempah, cabai utuh, potongan tomat, daun kemangi, pembungkus daun pisang yang menguarkan aroma khas yang menggoda selera, serta kesegaran daging ayam.

Jadi, mau bikin soto, opor, semur, ayam lengkuas atau pepes? Yuk, segera coba lakukan tips-tips tadi dan Bunda pasti ketagihan ke dapur!