Tips Mempersiapkan Bekal Mudik Praktis

0 Comment

Tradisi mudik paling dinanti saat Lebaran. Bertemu sanak saudara di kampung halaman pasti sangat menyenangkan. Agar tetap fit selama mudik, sangat penting untuk mempersiapkan bekal di perjalanan. Pilih yang praktis, lezat dan bergizi disantap agar tetap berenergi di perjalanan.

Selain membahagiakan, perjalanan mudik pastinya melelahkan. Oleh karenanya tubuh butuh pasokan energi yang cukup agar tidak mudah lelah dan terserang penyakit. Jangan sampai acara mengunjungi sanak saudara di kampung halaman malah gagal karena tubuh tidak fit, lho.

Untuk mengantisipasi kondisi tersebut, sudah keharusan untuk mempersiapkan bekal yang sehat dan bergizi untuk perjalanan mudik. Agar tidak repot mengonsumsinya, pilih menu yang praktis saja. Jangan selalu mengandalkan restoran atau tempat makan yang ditemui di perjalanan karena selain kita tidak mengetahui kualitas dan kebersihan makanannya, biasanya kita harus mengantri panjang untuk membeli.

Apa saja bekal yang harus dipersiapkan selama perjalanan mudik?

1. Air Putih
Air minum menghindari tubuh dari dehidrasi yang menyebabkan pusing dan kelelahan. Apalagi jika harus menempuh jarak jauh sehingga harus duduk berlama-lama di dalam kendaraan atau justru menyetir sendiri.

Bawalah persediaan air putih yang cukup agar tubuh tetap segar. Tetap penuhi kebutuhan 2 liter cairan setiap harinya. Hindari mengonsumsi terlalu banyak minuman manis, teh, kopi, apalagi minuman bersoda.

2. Karbohidrat
Sumber energi yang juga harus dipenuhi adalah karbohidrat. Pilih karbohidrat kompleks yang lebih lama dicerna tubuh sehingga rasa lapar datang lebih lama. Bunda bisa membawa nasi merah, roti gandum, atau kentang rebus/kukus/panggang misalnya.

Yang perlu diperhatikan, jika tidak dikemas dengan baik nasi atau kentang akan mudah basi. Sebaiknya masaklah nasi/kentang beberapa jam sebelum berangkat mudik. Jangan masukkan nasi/kentang panas-panas ke dalam wadah, dinginkan terlebih dahulu hingga uap panasnya hilang, bungkus dengan aluminium foil, lalu masukkan ke dalam wadah kedap.

3. Protein
Siapkan bekal lauk pauk yang mengandung protein dari rumah untuk menjaga daya tahan tubuh selama mudik. Protein nabati seperti tempe dan tahu, serta protein hewani seperti daging sapi, daging ayam, ikan.

Pastikan sumber protein hewani disukai oleh seluruh anggota keluarga yang ikut mudik. Misalnya, daging ayam yang jadi favorit banyak orang karena rasanya lezat dan bisa diolah menjadi aneka ragam masakan. Masaklah dalam menu-menu yang praktis dan menggugah selera.
Tak perlu khawatir memasak bekal mudik akan membutuhkan waktu lama. So Good memiliki beragam produk makanan beku siap olah dan siap masak untuk membantu mempersiapkan makanan bekal mudik yang praktis sekaligus bergizi.

So Good Chicken Nugget cocok untuk si Kecil yang suka makanan gurih dan kering. Tersedia juga dalam aneka bentuk menarik, seperti So Good Chicken Nugget Alphabet, Animal, Dinobites, Veggie, Jets dan Donat. Persiapkan juga pilihan cocolan saus yang ia suka, seperti saus tomat, keju, barbeque atau salted egg.

Bisa juga kreasikan nugget untuk menu Pizza Nugget Saus Tomat atau buat Hotdog Kentang yang tak kalah menarik. Jika tertarik mencoba bisa melihat resepnya di http://sogood.id/resep/nugget-ayam,siap-masak/pizza-nugget/ dan http://sogood.id/resep/siap-masak,sosis/hotang-hot-dog-kentang/

Selain nugget, Bunda bisa membuat Chicken Katsu Sandwich menggunakan So Good Chicken Katsu berupa daging dada ayam fillet yang diolah dengan bumbu spesial dan dibalut breadcrumb renyah. Intip resepnya di http://sogood.id/resep/siap-olah,whole-muscle/chicken-katsu-sandwich/

Jika si Kecil penyuka chicken wing, buatkan Spicy Wings Kebab dengan So Good Spicy Chicken Wings yang praktis dan mudah dibuat. Penasaran mencoba? Buka di http://sogood.id/resep/siap-olah,whole-muscle/spicy-wing-kebab-with-so-good-spicy-wing/

Atau, tak kalah lezat menu Ayam Goreng Gandum di http://sogood.id/resep/ayam-potong,siap-olah/ayam-goreng-gandum/. Gunakan So Good Ayam Potong 10 memasaknya jauh lebih praktis. Dan yang lebih penting ayamnya segar, juicy dan halal.

4. Buah dan Sayur
Keduanya mengandung air dan serat yang dibutuhkan tubuh selama perjalanan mudik. Memperlancar pencernaan serta kaya antioksidan yang bisa melindungi tubuh dari segala polusi dan radikal bebas.

Tipsnya, cuci bersih buah dan sayuran, keringkan lalu simpan dalam cooler box agar tetap segar saat disantap. Pilih buah-buahan yang tidak perlu dipotong-potong untuk dimakan, misalnya apel, pir, pisang, anggur, jeruk. Untuk sayuran, bisa membawa yang praktis seperti salad siap makan namun hindari yang membuat perut kembung.

5. Camilan Sehat
Hindari camilan yang terlalu asin, manis, berbau menyengat, kering, atau pedas seperti cokelat, permen, keripik asin atau kacang bumbu pedas. Gantinya, pilih camilan sehat berupa kacang-kacang dipanggang, buah, roti gandum, pisang rebus, lemper, kurma dan sebagainya.

Selamat mudik!