Soto, Cita Rasa Nusantara Dari Sabang Sampai Merauke

0 Comment

Sama-sama berkuah dan disebut soto, tetapi setiap daerah punya cita rasa berbeda. Dan ternyata Indonesia punya lebih dari 40 jenis soto yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, lho. Coba cek 10 list soto di bawah ini, mana saja yang ternyata belum pernah Anda coba?

1. Soto Padang
Berbeda dengan kebanyakan soto, soto Padang berisi potongan kecil daging sapi yang digoreng kering. Kuah kaldu sapi dipadu rempah sangat gurih. Sedikit campuran cuka dan jeruk nipis membuatnya tambah kaya rasa. Selain daging sapi, berisi bihun, perkedel kentang, bawang goreng serta kerupuk merah yang khas.

2. Soto Medan
Kuah soto Medan kental karena memakai santan dan berwarna kuning dari kunyit. Isinya, suwiran ayam, telur rebus, bihun, kentang goreng, tomat dan emping. Aromanya benar-benar menggugah selera.

3. Soto Banjar
Soto asal Kalimantan ini berbahan utama ayam, ditambah telur dan perkedel. Aroma kuahnya cukup kuat, berasal dari kayu manis, cengkih dan biji pala. Uniknya, soto Banjar dimakan menggunakan lontong atau ketupat.

4. Soto Bandung
Ciri khasnya, kuahnya bening encer sehingga terasa segar dan ada potongan lobaknya. Bahan lainnya, daging sapi, tomat, seledri dan kacang kedelai goreng.

5. Soto Bogor
Biasa disebut soto mi Bogor. Yang berbeda, soto ini menggunakan mi kuning, risoles, babat, urat dan kaki sapi. Rasanya kuahnya segar sekali.

6. Soto Betawi
Kuahnya memakai santan kental yang super gurih, dan terkadang dicampur susu. Isinya cukup banyak: irisan daging, jeroan emping, daun bawang, acar mentimun. Aroma rempahnya cukup kuat, terutama dari biji pala dan cengkih.

7. Coto Makassar
Tidak kalah dari soto Betawi yang memakai daging dan jeroan sapi, demikian pula coto Makassar. Konon dibutuhkan 40 jenis rempah demi mendapatkan cita rasa coto Makassar yang sempurna. Dan, ternyata coto Makassar adalah masakan kuah tertua di Nusantara sejak tahun 1538.

8. Soto Kudus
Termasuk jenis soto yang populer karena banyak dijual di mana-mana. Khasnya, penyajiannya dalam porsi kecil di mangkuk kecil dan menggunakan sendok bebek. Isinya, suwiran ayam goreng, tauge, bihun, seledri, bawang merah dan putih goreng.

9. Soto Lamongan
Bubuk koya menjadi kekhasan soto ini. Terbuat dari kerupuk udang dan bawang yang rasanya gurih. Bubuhkan bubuk koya di atas kuah soto yang panas, hmm pasti menambah gurih rasa kuahnya. Selain bubuk koya, soto Lamongan biasanya menggunakan suwiran ayam kampung yang dagingnya terasa lebih gurih.

10. Soto Kenari Maluku
Namanya mungkin masih asing, tetapi rasanya boleh diadu. Soto berkuah santan khas Maluku ini berisi ayam, tomat, sohun, telur rebus. Uniknya potongan ayamnya berbentuk dadu.

Bagaimana Bunda, tertarik membuat soto yang mana? Sama segar dan enaknya untuk makan siang bersama keluarga.

Jika tertarik membuat soto ayam, agar proses memasak lebih cepat Bunda bisa berkreasi menu soto yang divariasikan dengan produk-produk So Good seperti So Good Chicken Karage, So Good Chicken Katsu, So Good Ebi Panko, So Good Fish Nugget atau So Good Ayam Potong.

Berikut ada resep soto yang bisa dipraktikkan, langsung click link berikut ini http://sogood.id/resep/ayam-potong,siap-olah/resep-soto-ayam-goreng-madura/