PENTINGNYA MAKAN BERSAMA KELUARGA

0 Comment

Kesibukan masing-masing anggota keluarga membuat sulit untuk bisa berkumpul bersama dalam waktu bersamaan. Di pagi hari, semua sibuk mempersiapkan diri untuk aktivitas masing-masing, siang hari anak-anak di sekolah dan orang tua sibuk bekerja, malam harinya ayah atau ibu terkadang pulang larut melebihi jam makan malam. Meskipun teknologi cukup membantu komunikasi satu sama lain, tetapi pertemuan secara fisik pasti memiliki arti berbeda dibanding hanya berkomunikasi via suara atau bertatap muka via layar telepon seluler.

 

Tradisi makan bersama keluarga makin hilang dalam keseharian kita. Sulit mencari waktu untuk berkumpul bersama. Banyak penelitian mengungkapkan manfaat yang didapat dengan melakukan makan bersama keluarga terutama untuk pertumbuhan anak-anak. Berikut manfaatnya :

  1. Meningkatkan komunikasi antar keluarga

Percakapan di meja makan dapat membangun hubungan yang baik di dalam keluarga dan menciptakan adanya keterbukaan. Orang tua dapat memberikan masukan maupun solusi kepada masalah yang tengah dihadapi anak, maupun mengetahui aktivitas anak di luar rumah.

  1. Nutrisi keluarga lebih baik

Pola makan yang lebih teratur dan kandungan nutrisi dan vitamin yang lebih diperhatikan Bunda saat menghidangkan makanan akan lebih menyehatkan bagi anak-anak dan meningkatkan semangat mereka untuk beraktivitas.

  1. Mengajarkan sopan santun

Dengan makan bersama, Bunda dapat mengajarkan beberapa hal- hal tata krama supaya si kecil agar dapat berperilaku baik dan penuh sopan santun. Termasuk juga mengajarkan tata cara makan yang benar dan sopan.

  1. Lebih hemat

Dibandingkan dengan membeli makanan di restoran, menyiapkan makanan sendiri di rumah akan menghemat pengeluaran biaya, dan memudahkan Bunda  untuk menabung dan menggunakannya untuk hal-hal yang lebih penting lainnya.

Yang dimaksud makan bersama di meja makan di sini tidak hanya sekedar duduk bersama, dan saling diam. Tetapi adalah makan bersama diselingi dengan perbincangan hangat antar anggota keluarga.  Menceritakan apa yang dialami hari ini, apa yang akan dikerjakan besok, menyampaikan permasalahan atau hal-hal yang dapat dipecahkan bersama. Jika hal seperti ini dilakukan dengan rutin dan berkualitas hingga si kecil beranjak remaja, maka Bunda tidak perlu khawatir akan hal negatif yang dapat mempengaruhi anak, karena sejak usia dini ia diajarkan untuk terbuka dan menyampaikan apa yang  dialaminya setiap hari.

Untuk menyediakan menu praktis untuk keluarga, Bunda dapat menyajikan produk So Good yang praktis, mudah diolah dan memiliki kandungan yang baik untuk memenuhi kebutuhan protein keluarga. JIka makan bersama belum menjadi kebiasaan dalam keluarga Bunda, mulailah untuk mengatur waktunya dengan keluarga di rumah. Tidak perlu lama, tetapi pertemuan yang berkualitas dan rutin dilakukan tentunya akan membawa hasil yang baik.