Mengolah Ayam Tak Perlu Lama, Ini Rahasianya!

0 Comment

Daging ayam termasuk jenis protein hewani yang disukai oleh banyak orang. Selain rasanya enak, daging ayam mudah dikreasikan menjadi beragam menu masakan utama maupun makanan camilan, seperti ayam goreng, ayam bakar, soto ayam, opor ayam, risoles, bakpao, lemper, dan sebagainya. Ada beberapa tips mengolah ayam yang tepat agar rasanya semakin lezat, dagingnya empuk dan tidak memakan waktu lama. Apa saja rahasianya?

1.Kesegaran
Pilihlah daging ayam yang masih segar. Daging ayam yang segar bisa dilihat dari warna, tekstur dan aroma dagingnya. Pilih daging ayam yang berwarna pink cerah dan tidak terdapat tanda memar. Saat disentuh, daging ayam yang segar akan terasa lembut dan kenyal serta tidak berlendir. Pastikan juga aroma daging ayam tidak amis dan berbau busuk.

2.Penyimpanan
Jika tidak langsung digunakan, simpan daging ayam di freezer menggunakan wadah kedap udara. Jika dibekukan di freezer daging ayam dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama. Namun jika disimpan di bagian bawah lemari es, ayam hanya tahan sekitar 3 hari saja. Pastikan sebelum disimpan ayam sudah bersih dari bulu dan dicuci bersih.

Agar tidak repot membersihkan ayam, dan untuk memastikan bahwa ayam yang dibeli bermutu baik dan segar, serta bersetifikat halal MUI , kini tersedia So Good Ayam Potong yang dapat menjadi andalan para Ibu sebagai solusi Ayam Segar yang terjamin mutu dan halalnya. Bunda dapat menggunakan So Good Ayam Potong sesuai kebutuhannya saja, lalu sisanya disimpan dalam wadah kedap udara di freezer dalam kondisi beku di suhu ≤ 18 °C sehingga kesegarannya selalu terjaga.

3.Merebus
Untuk olahan masakan tertentu seperti sop atau soto, daging ayam direbus untuk mendapatkan kaldu. Jika menggunakan daging ayam kampung yang tekstur dagingnya lebih keras, ada beberapa cara alami agar membuatnya cepat empuk. Di antaranya adalah menggunakan potongan pepaya mentah atau batang tebu yang direbus bersama daging ayam. Bisa juga mencampurkan air kelapa ke dalam air rebusan ayam.

4.Memanggang, Menggoreng dan Membakar
Daging ayam juga nikmat dipanggang, digoreng maupun dibakar. Agar bumbu meresap dan daging empuk, daging ayam dibumbui dengan cara dimarinasi atau lebih dikenal dengan istilah diungkep. Prosesnya memang agak lama, karena untuk mendapatkan hasil yang maksimal bumbu harus diulek terlebih dahulu , kemudian baluri bumbu hingga merata ke seluruh permukaan daging ayam dan yang terakhir ayam harus didiamkan dalam lemari es selama 2-4 jam sampai bumbu meresap sempurna. Setelah bumbu meresap, daging ayam bisa dimasak sesuai selera.

Untuk menyiasati waktu persiapan dan pengolahan daging ayam yang lama, Bunda bisa menggunakan produk So Good Ayam Potong. Dengan So Good Ayam Potong , masak menjadi lebih praktis, karena Bunda tidak perlu repot memotong dan mencuci ayam lagi. Ayam disimpan di freezer dan dapat digunakan kapanpun diperlukan.

Ada banyak pilihan varian So Good Ayam Potong yang Bunda bisa pilih sesuai kebututuhan. So Good Ayam Potong – Paha & Dada berisi premium cut potongan paha dan dada ayam saja, cocok sekali untuk penggemar menu masakan yang memerlukan paha dan dada ayam saja, misalnya ayam goreng atau ayam bakar.

Jika membutuhkan ayam utuh, bisa mencoba So Good Ayam Utuh Potong 10. Isinya berupa campuran lengkap dari potongan paha, dada dan sayap dalam satu kemasan. Semua anggota keluarga pasti kebagian potongan favoritnya masing-masing.

Bisa juga dicoba SO GOOD AYAM POTONG DAGING SUP AYAM. Kelebihannya, terbuat dari potongan daging punggung ayam yang kaya sumber kaldu dan membuat kuah sop semakin gurih dan lezat.

Ingin yang lebih praktis tanpa lama? Pilih saja So Good Ayam Potong Berbumbu. Ada dua pilihan rasa, bumbu kuning dan pedas manis. Dengan So Good Ayam Potong Berbumbu, bunda tidak perlu lagi repot mengiris dan mengulek bumbu serta mengungkep ayam, bisa langsung dipanggang, dibakar, digoreng, dikukus maupun diolah dengan menggunakan microwave. Selain praktis, So good Ayam Potong Berbumbu juga lezat karena bumbunya meresap sempurna dan daging ayamnya juicy.