Konsumsi Olahan Ikan Cegah Beragam Penyakit

0 Comment

Ikan merupakan sumber makanan kaya protein yang sangat baik bagi kesehatan, terutama untuk mencegah beragam penyakit. Yuk, mulai sekarang rutin mengonsumsi ikan!

Indonesia sangat kaya akan jenis ikan, baik ikan air tawar maupun ikan air laut. Sayangnya tingkat konsumsi ikan di Indonesia masih rendah. Coba deh Bunda minta si Kecil makan ikan, biasanya mereka pun langsung protes karena malas membuang durinya dan akan lebih memilih daging ayam atau sapi.

Padahal jika dibanding daging sapi dan ayam, kandungan protein ikan sangat tinggi dan kalorinya lebih rendah. Ikan juga kaya kandungan asam lemak omega-3, kalsium, vitamin, dan mineral.

Dengan beragam nutrisi tersebut, ikan bisa membantu mencegah beragam penyakit.

1. Penyakit Jantung
Kementerian Kesehatan RI merekomendasikan untuk makan ikan 2-3 kali per minggu. Ikan mengandung protein, vitamin, dan mineral yang membantu menurunkan tekanan darah.

Ikan yang kaya omega 3 seperti tuna, sarden, salmon, trout, dan makarel bisa membantu mengurangi kadar lemak dalam darah sehingga memperkecil risiko penyakit jantung dan stroke.

2. Depresi
Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan meningkatkan fungsi otak sehingga membantu mengatasi gangguan depresi, stres, dan kecemasan. Bahkan penelitian menemukan konsumsi ikan dapat meningkatkan kadar antidepresan.

3. Penurunan Fungsi Penglihatan
Penglihatan mulai terganggu? Coba deh rutin mengonsumsi ikan yang terbukti meningkatkan fungsi penglihatan. Karena asam lemak Omega-3 yang terdapat pada ikan adalah zat penting untuk kesehatan mata. Selain itu konsumsi asam lemak Omega-3 minimal 500 mg per hari, dapat memperkecil risiko penyakit seperti degenerasi makula dan kerusakan retina terkait diabetes.

4. Pertumbuhan Tulang
Ikan mengandung kalsium, vitamin D, vitamin B2, zat besi, zinc, magnesium, kalium, yodium serta fosfor yang dibutuhkan anak agar tulang tumbuh maksimal.

5. Risiko Diabetes
Ikan menghasilkan kadar glukosa lebih rendah sehingga meminimalkan risiko diabetes tipe 2.

6. Kanker Kulit
Studi The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, konsumsi asam lemak omega-3 pada ikan bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari , termasuk penuaan dini dan kanker kulit.

7. Mempertajam Ingatan
Asam lemak omega-3 dan omega-6 pada ikan dan seafood membantu perkembangan sel-sel otak dan mempertajam daya ingat.

Dengan sebegitu banyaknya manfaat ikan bagi kesehatan tubuh kita, alangkah sayangnya jika Bunda tidak menyajikan menu-menu ikan untuk keluarga. Jika Bunda pusing karena si Kecil sulit sekali makan ikan, coba deh buatkan menu-menu olahan ikan dalam bentuk yang menarik dan rasanya lezat.

Produk makanan instan beku berkualitas So Good memiliki beragam varian berbahan ikan dan seafood yang pasti disukai anak-anak. Sajikan So Good Fish Nugget atau So Good Fish Karage yang terbuat dari daging ikan tilapia yang teksturnya lembut serta bumbu spesial berkualitas.

Si Kecil suka udang? So Good Ebi Panko terbuat dari udang segar kaya protein dibalut breadcrumb renyah. Produk ini bisa diperuntukkan sebagai lauk pelengkap, topping ramen, topping sushi dan sebagainya. Jika si Kecil suka menu yang direbus, Bunda bisa menyajikan So Good Pangsit Udang.. Untuk camilan Bunda bisa membuatkan So Good Shumai Furai, dan So Good Golden Money Bag.

Mau inspirasi menu berbahan ikan? Bunda bisa membuat Egg Benedict Fish Nugget yang resepnya bisa dilihat di http://sogood.id/resep/sea-food/egg-benedict-fish-nugget/.

Atau, sajikan Ebi Panko Curry Udon yang menyegarkan. Resepnya simak di http://sogood.id/resep/sea-food,siap-masak/ebi-panko-curry-udon/.

Nah, siapa bilang olahan ikan tidak bisa jadi makanan favorit keluarga yang praktis, lezat, bergizi?