INI CARA SUPAYA WAJAN TEFLON AWET

0 Comment

Awalnya, teflon adalah nama salah satu produk dari sebuah merek dagang, tetapi istilah ini menjadi umum digunakan di Indonesia untuk menyebut peralatan memasak anti lengket.Teflon memiliki sifat tahan panas, sangat stabil, gesekan kecil dan lentur, serta sangat keras. Teflon digunakan untuk alat-alat yang tahan terhadap bahan kimia, misalnya pelapis tangki bahan kimia dan pelapis panci antilengket.

 

Memasak menggunakan peralatan berbahan teflon memiliki beberapa keuntungan :

  1. Nyaman digunakan

Bunda tidak perlu khawatir karena masakan tidak akan lengket pada peralatan memasak.

  1. Mudah dibersihkan

Setelah dingin, cukup disiram dengan air lalu usap dengan lap kain yang bersih.

  1. Hanya perlu sedikit minyak

Bahkan untuk menggoreng telur mata sapi, tidak perlu menggunakan minyak sama sekali.

Karena harganya cukup mahal, tentunya Bunda ingin peralatan memasak berbahan teflon yang Bunda miliki awet dan memiliki umur yang relatif panjang. Ini tentunya tidak lepas dari cara Bunda untuk merawat dan menggunakannya dengan cara yang tepat.  Untuk mencuci atau membersihkannya pun ada cara tertentu :

  1. Menggunakan baking soda

Campurkan baking soda dengan air dengan perbandingan 1:1, usapkan pada permukaan wajan dengan menggunakan spons atau sikat lembut berbahan non-logam. Bilas dengan air kemudian keringkan.

  1. Olesi dengan minyak sayur

Oleskan sedikit minyak sayur atau minyak goreng di permukaannya, kemudian usap dengan lap lembut hingga kering. Bersihkan juga sisa minyak dengan tisu atau paper towel.

  1. Jangan dicuci saat wajan masih panas

Setelah wajan baru saja selesai dipakai, dinginkan terlebih dahulu. Diamkan beberapa saat baru kemudian dicuci.

  1. Jangan direndam terlalu lama

Jangan merendam wajan teflon terlalu lama, karena akan mengakibatkan permukaan anti lengket bisa lebih cepat rapuh.

  1. Pilih sabun cair

Usahakan menggunakan sabun cair saat mencuci wajan teflon. Jika terpaksa menggunakan sabun colek atau sabun krim, encerkan dengan air terlebih dahulu. Sabun yang bertekstur kasar dapat membuat lapisan anti lengketnya tergores.

  1. Jangan gunakan dishwasher

Suhu panas dan deterjen yang digunakan saat mencuci dengan dishwasher bisa merusak lapisan anti lengket pada wajan.

  1. Gunakan sabun secukupnya

Penggunaan detergen atau sabun yang terlalu banyak, akan membuat permukaan anti lengket wajan teflon bisa cepat rusak.

Selain cara mencucinya harus tepat, ketika memasak pun Bunda harus memperhatikan hal berikut supaya wajan teflon Bunda tahan lama :

  • Hindari alat masak logam

Jangan pernah gunakan spatula berbahan logam, sebaiknya gunakan spatula atau pengaduk yang terbuat dari kayu halus untuk menghindari goresan pada lapisan anti lengket.

  • Gunakan api kecil hingga sedang

Peralatan masak berbahan teflon dirancang hanya untuk memasak pada suhu panas rendah hingga sedang, hindari memasak dengan suhu tinggi karena menyebabkan lapisan anti lengketnya meleleh, mengelupas atau bahkan menguap hingga menjadi racun berbahaya.

Semoga tips diatas dapat membantu untuk merawat wajan teflon milik Bunda dengan tepat. Sayang sekali bukan jika teknik perawatan yang salah membuatnya menjadi mudah rusak?