Hidangan Enak Idul Adha Tanpa Takut Kolesterol

0 Comment

Perayaan Idul Adha kurang lengkap tanpa hidangan khas yang lezat. Beragam olahan daging kambing dan sapi wajib tersedia di meja makan. Tapi hati-hati juga tekanan darah dan kolesterol bakal naik. Jadi hidangan lengkap Idul Adha apa saja yang sebaiknya disajikan?

1. Sate
Masakan ini paling favorit dibuat saat Idul Adha. Uniknya, kegiatan nyate, mulai dari menusukkan daging hingga membakar dan mengipas, dilakukan bersama anggota keluarga sehingga menjadi momen menyenangkan.

Daging kambing, sapi atau jeroan bisa dibuat sate. Sambalnya beragam, mulai dari sambal kacang, sambal kecap, sambal bawang, dan sebagainya.

Jika takut kolesterol naik, bisa menganti daging kambing dan sapi dengan daging ayam tanpa kulit dan hindari membakar terlalu lama agar tidak gosong. Daging yang gosong mengandung zat karsinogenik pemicu kanker.

Untuk resep sate ayam yang gurih namun tetap sehat, So Good punya resep special sate ayam wijen, bisa dilihat disini http://sogood.id/resep/ayam-potong,siap-olah/resep-sate-ayam-wijen/

2. Gulai
Gulai atau gule rasanya gurih dengan ciri khas kuah santan berwarna kuning kecokelatan. Untuk mengurangi bahaya kolesterol, pilih daging has dalam yang tanpa lemak atau ganti dengan daging ayam. Santan juga bisa diganti dengan susu kedelai atau susu rendah lemak.

Rasa rempah pada gulai cenderung kuat hasil perpaduan kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai, bawang, adas, pala, serai, kayu manis serta jintan. Selain menghasilkan rasa khas, pemakaian rempah juga memiliki fungsi untuk penyeimbang lemak pada daging, bersifat antiradang serta antioksidan. So Good punya resep gulai yang sangat unik , gulai ayam ijo. Resepnya bisa dilihat di link ini http://sogood.id/resep/ramadhan/gulai-ayam-ijo/

3. Kari Ayam dan Opor Ayam
Orang dewasa rata-rata suka dengan olahan kambing dan sapi, tetapi belum tentu anak-anak. Apalagi jika rasanya terlalu berempah dan pedas. Oleh karenanya, Bunda bisa membuatkan mereka olahan ayam yang lebih disukai seperti kari ayam ataupun opor ayam. Untuk resep Kari ayam special yang tidak pedas dan cocok untuk anak-anak bisa mencoba resep ayam kari ala So Good, resepnya bisa dilihat di link ini http://sogood.id/resep/ayam-potong,favorit,siap-olah/resep-ayam-kari/

4. Lontong atau ketupat
Selain nasi, sediakan lontong sebagai pelengkap makan sate atau gulai. Potong lontong kecil-kecil sehingga porsi makan Anda tidak terlalu banyak.

5. Acar
Jangan lupa menyediakan acar sebagai pelengkap hidangan Idul Adha. Acar yang terdiri dari potongan wortel, mentimun dan bawang merah bermanfaat sebagai makanan penyeimbang setelah Anda menyantap aneka masakan berlemak.

6. Es Buah Segar
Es buah bisa menjadi pilihan hidangan penutup yang segar. Pilih buah-buahan yang masak sehingga mendapat rasa manis alami. Tambahkan sedikit gula pasir dan kayu manis. Tak perlu lagi menggunakan sirop atau susu kental manis. Jadilah es buah rendah kalori yang segar dan menyehatkan.

Untuk hidangan istimewa Idul Adha, bisa menggunakan So Good Ayam potong Paha & Dada atau So Good Ayam Utuh Potong 10 yang terbuat dari daging ayam pilihan, sehat, lezat dan juicy.

Dengan menyajikan beragam hidangan Idul Adha yang lengkap dan bergizi, seluruh anggota keluarga merasa bahagia. Momen kebersamaan yang istimewa pun semakin terasa berkesan.