CIRI ANAK KECANDUAN GADGET

0 Comment

Saat ini jarang sekali dijumpai keramaian anak-anak bermain di depan rumah, seperti yang dulu Bunda lakukan ketika masih kecil. Hampir semuanya gadget-freak. Tentunya hal ini tidak lepas dari pengaruh perkembangan teknologi yang berbeda dengan masa kecil Bunda.

 

Penggunaan gadget yang berlebihan, tidak mengenal waktu,  tentunya akan membawa pengaruh negatif terhadap anak-anak. Ketika sedang memegang  gadget, anak-anak akan duduk manis dan Bunda bisa lebih bebas melakukan kegiatan lain tanpa harus disibukkan dengan anak-anak yang berlarian ke sana ke mari dan meminta ini itu. Hal ini biasanya yang Bunda lakukan untuk dapat membuat si kecil tidak mengganggu kegiatan Bunda. Tanpa Bunda sadari hal ini lama kelamaan akan membuat si kecil kecanduan. Dalam hal ini pengawasan dan pendampingan orang tua serta pembatasan waktu penggunaan gadget sangat diperlukan. Orang tua yang bijak tentu dapat memahami hal tersebut.

 

Jika Bunda melihat si kecil sudah mulai menunjukkan gejala sebagai berikut, artinya ia mulai kecanduan gadget dan harus mulai dibatasi penggunaanya :

  1. Tidak mau melakukan aktivitas lain
  2. Sulit diajak berbincang-bincang
  3. Marah jika tidak diizinkan main gadget

 

Berikut dampak negatif dari penggunaan gadget yang berlebihan :

  1. Bahaya radiasi

Alat elektronik seperti gadget biasanya menimbulkan radiasi pada cahaya pada layar. Efek negatif radiasi umumnya mengakibatkan gangguan terhadap  otak, hati, sistem reproduksi dan mata anak.

  1. Obesitas

Anak-anak yang kurang bergerak karena keasyikan memainkan gadget sangat beresiko untuk mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

  1. Gangguan tidur

Disaat anak anda mengalami kecanduan gadget, maka anak akan sangat susah melepaskan gadget yang ada di tangannya.

  1. Mengganggu pertumbuhan

Jika mereka sudah keasyikan bermain dengan gadget lama kelamaan mereka akan malas untuk bermain di luar rumah dengan teman-temannya.

  1. Anti sosial

Anak yang hanya fokus pada gadget membuat mereka kurang bergaul bahkan simpati dengan teman-teman atau orang lain yang ada disekitar mereka. Anak yang sedari kecil bersosialisasi dengan orang lain akan mudah untuk bersimpati dan bergaul dengan orang lain saat mereka dewasa kelak

Supaya anak-anak tidak ketergantungan bermain gadget, Bunda bisa mencoba tips berikut :

  • Ajak anak melakukan kegiatan outdoor
  • Batasi waktu anak main gadget
  • Sediakan permainan fisik
  • Kembangkan hobby anak
  • Ajarkan ketrampilan pada anak
  • Ajak anak berlibur ke alam terbuka
  • Untuk mendukung hal ini, orang tua juga harus memberikan contoh dengan tidak terlalu sering berkutat dengan ponsel saat bersama anak.

Memang membutuhkan esktra waktu dan tenaga, tetapi Bunda tentu menginginkan tumbuh-kembang si kecil lebih baik, bukan? Tentunya juga diimbangi dengan pemenuhan gizi seimbang untuk menunjang tumbuh kembang si kecil. Jangan patah semangat dan selamat mencoba ya Bunda!