BEBERAPA HAL INI, SI KECIL HARUS MANDIRI LHO!

0 Comment

Kebiasaan Bunda untuk melayani si kecil sejak ia lahir terkadang sulit untuk ditinggalkan. Kebiasaan ini kerap berlanjut hingga ia beranjak besar. Sebaiknya, Bunda mengetahui kapan saat yang tepat untuk mulai melatih kemandirian si kecil. Mandiri adalah tidak tergantung kepada orang lain. Kemandirian dapat dilatih sejak dini mulai dari hal-hal kecil, seiring dengan perkembangan usianya hal yang diajarkan pun dapat makin beragam.

 

Melatih kemandirian sejak dini memiliki manfaat untuk si kecil. Yakni sebagai berikut :

  • Menumbuhkan rasa percaya diri

Dengan berusaha untuk melakukan semuanya sendiri, si kecil akan terbiasa untuk tidak menggantungkan diri pada orang lain. Yakin dan percaya akan kemampuannya sendiri.

  • Mengembangkan daya tahan mental

Anak yang mandiri, tidak mudah menyerah dan memiliki daya juang yang tinggi. Selalu berusaha menyelesaikan setiap permasalahan dengan sepenuh hati dan sekuat tenaga.

  • Menjadi pribadi yang bertanggung jawab

Menjadi anak yang mandiri membuat si kecil menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Tidak menimpakan kesalahan pada orang lain, sebab apa yang dilakukan adalah hasil kerjanya sendiri.

  • Menjadi anak yang kreatif

Selalu terus berusaha mencari cara untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi. Jika ini terpola sejak dini, maka si kecil akan tumbuh menjadi anak yang kreatif.

Tidak perlu memaksakan kemandirian kepada si kecil. Ajari secara bertahap dan perlahan. Belajar mandiri untuk si kecil bisa diawali ketika ia berusia 2-3 tahun. Diharapkan pada usia 5 tahun si kecil sudah terampil melakukan hal-hal berikut :

  1. Melatih anak buang air kecil atau air besar di toilet

Ajari si kecil untuk bisa menahan BAK dan BAB supaya tidak keluar di celananya. Membiasakan untuk menggunakan closet dan meninggalkan kebiasaan menggunakan popok.

  1. Membersihkan dan merapikan mainan

Biasakan anak untuk meletakkan mainannya dalam satu box penyimpanan dan merapikan mainannya setelah selesai bermain. Secara berkala ajak ia untuk membersihkan mainannya supaya tetap bersih dan bebas debu.

  1. Mandi sendiri

Bunda dapat mencontohkan cara menggosok badan dengan sabun, cara menggosok rambut saat keramas, cara menyiram badan, dan juga cara sikat gigi yang benar.

  1. Mengajari untuk memilih pakaian dan berpakaian sendiri

Beri kebebasan si kecil untuk memilih pakaian sendiri dan belajar memakai pakaian yang dipilihnya. Hal ini membuat si kecil merasa diberi kepercayaan untuk memilih sesuai apa yang ia mau.

  1. Mengajari anak memakai sepatu

Ajarkan bagaimana cara memakai sepatu. Membedakan mana sisi kiri, mana sisi kanan. Beri kesempatan ia mencoba dan berilah bantuan jika nampaknya masih sulit. Untuk anak usia balita, sebaiknya memilih sepatu tanpa tali untuk mempermudah.

Supaya si kecil bersemangat untuk melatih kemandirian, jangan lupa Bunda berikan pujian atau penghargaan atas keberhasilan yang ia lakukan. Hal ini akan membuatnya semakin giat berlatih dan selalu ingin mencoba hal-hal baru yang lain.

 

Sumber:

https://kumparan.com/@kumparanmom/cara-mendidik-anak-agar-tumbuh-mandiri

http://www.pendidikankarakter.com/bagaimana-membentuk-karakter-mandiri-pada-anak/

https://dosenpsikologi.com/cara-mendidik-anak-agar-mandiri