BAHAYA MENCUCI AYAM POTONG MENTAH

0 Comment

Setiap kali membeli ayam potong mentah, apa langkah pertama yang Bunda lakukan? Banyak orang memiliki kebiasaan selalu mencuci ayam potong mentah yang dibelinya, karena dianggap ayam potong tersebut belum bersih. Setelah dicuci, kemudian ayam dipotong-potong lalu dimasukkan ke freezer jika belum langsung diolah. Tahukah Bunda ternyata kebiasaan mencuci ayam potong mentah adalah salah dan banyak menimbulkan hal-hal yang membahayakan kesehatan?

 

Ayam mentah terkadang ditumbuhi oleh bakteri, seperti campylobacter atau salmonella.Banyak orang berpikir mencuci ayam adalah cara terbaik untuk menghilangkan kuman atau kotoran yang bersarang. Fakta yang didapatkan dengan mencuci ayam potong mentah :

  1. Mencucinya dengan air tak akan mampu membasmi bakteri tersebut. Tetapi justru semakin memperluas penyebaran bakteri.
  2. Kuman dan bakteri penyakit yang dibilas tersebut dapat berpindah tempat ke bagian dapur lain, peralatan masak di sekitarnya, bahkan ke pakaian yang Bunda gunakan.
  3. Air cucian yang mengangkut bakteri dari daging ayam tersebut akan terciprat ke mana-mana. Meskipun jumlah bakteri yang berpindah mungkin tidak terlalu banyak, namun tetap cukup untuk membuat rentan infeksi.

Mulai saat ini hilangkan pikiran bahwa jika tidak dicuci, ayam potong mentah yang dimasak akan kotor. Karena jika Bunda memasak ayam dengan benar, bakteri dan kuman akan tetap hilang dan mati. Bakteri tidak dapat hidup di suhu yang tinggi, sehingga untuk membuat semua kuman-kuman yang ada di daging ayamtersebut  mati, Bunda hanya perlu memasaknya di suhu minimal 74°C.

Saat ini ada solusi praktis dari So Good, yakni So Good Ayam Potong. Bunda tidak perlu repot lagi jika harus membeli ayam potong mentah, karena ada So Good Ayam Potong yang dikemas dengan rapi, terjamin kualitas kesegaran, gizi, cita rasa, dan yang pasti bersih serta higienis. Tidak akanada keinginan Bunda untuk mencucinya lagi, karena sudah bersih. Tidak perlu repot harus memotong satu per satu, karena sudah dalam bentuk potongan. Potongan ayamnya pun tidak lengket satu sama lain, sehingga bisa digunakan sesuai dengan porsi yang tepat tanpa harus berulang kali mengeluarkan ayam dari freezer.

Selain tersedia dalam potongan ayam, So Good Ayam Potong juga tersedia dalam dua bumbu, yakni So Good Ayam Potong Paha & Dada Pedas Manis dan So Good Ayam Potong Paha & Dada Bumbu Kuning. Memasak ayam berbumbu sekarang menjadi lebih praktis karena ada So Good. Jadi Bunda tak perlu repot-repot menghaluskan bumbu lho, tinggal olah. Praktis bukan, Bunda?

Sumber :