APA PERBEDAAN BEST BEFORE DAN KADALUWARSA PADA KEMASAN MAKANAN?

0 Comment

Ketika Bunda membeli makanan atau minuman dalam kemasan, Bunda akan menemukan tulisan kadaluwarsa atau tulisan best before yang terdapat pada kemasan produk. Hal ini penting untuk memastikan apakah produk tersebut masih layak untuk dikonsumsi atau tidak. Tidak hanya produk makanan dan minuman saja, produk lain seperti kosmetik juga sering mencantumkan tanggal kedaluwarsa. Terkadang jika tidak teliti, bisa jadi produk yang tersedia di toko tersebut sudah melebihi batas aman untuk dikonsumsi.

 

Layak tidaknya produk tersebut dikonsumsi, dapat ditandai dengan membaca tanggal yang tertera pada kemasan. Tanggal pada kemasan produk tersebut bisa jadi berbeda satu sama lain. Ada produk yang mencantumkan tanggal kadaluwarsa (expired date) ada juga yang mencantumkan tanggal layak digunakan (best before). Tahukah Bunda bahwa best before dan expired date adalah dua hal yang berbeda?

 

Expired date atau tanggal kadaluwarsa adalah batas waktu maksimal sebuah produk aman untuk dikonsumsi. Artinya, produk tersebut tidak boleh dikonsumsi setelah tanggal yang tertera pada kemasan. Jika mengonsumsi produk tersebut melebihi tanggal yang tertera, maka akan dapat membahayakan kesehatan tubuh. Pada tanggal tersebut biasanya makanan mulai mengalami perubahan bentuk, warna, bau, penurunan nutrisi, atau bahkan makanan bisa menjadi lebih kering dan mengeras.

 

Menurut Canadian Food Inspection Agency, beberapa makanan diwajibkan mencantumkan tanggal kadaluwarsa pada kemasannya :

 

  • Susu formula untuk bayi dan produk pengganti ASI yang lain
  • Suplemen gizi
  • Makanan pengganti
  • Produk diet rendah energi
  • Produk diet cair

 

Best Before berarti baik sebelum. Jika tanggal kadaluwarsa berhubungan dengan keamanan produk, maka best before berhubungan dengan kualitas produk. Artinya produk tersebut memiliki kualitas terbaik jika dikonsumsi sebelum tanggal yang tertera pada label tersebut. Jika dikonsumsi setelah melewati tanggal yang tertera maka kualitas dari produk tersebut sudah tidak terlalu baik lagi seperti sebelumnya. Produk yang telah melewati tanggal best before tetapi tidak mengalami perubahan warna, tekstur, rasa, dan aroma sebenarnya masih aman untuk dikonsumsi dan tidak berarti berbahaya, hanya saja kualitasnya sudah menurun. Tetapi satu hal yang perlu Bunda catat, tanggal best before tidak berlaku ketika kemasan sudah dibuka. Karena membuka kemasan makanan tentunya akan mempengaruhi kualitas dan kesegaran produk. Kontaminasi bakteri dari udara juga akan mempercepat masa penurunan kualitas produk.

 

Ada beberapa produk baik makanan ataupun minuman yang biasanya diberi label best before sebagai batasan kualitasnya. Beberapa diantaranya adalah telur, makanan kaleng, makanan atau minuman beku, makanan kering, susu, dll. Pada makanan segar, tanggal best before biasanya tercantum selama 90 hari setelah waktu pengemasan.

 

Jika Bunda masih ingin mengonsumsi produk tersebut namun telah melewati tanggal best before, jangan lupa untuk memperhatikan rasa, tekstur, warna dan aromanya. Jika ragu sebaiknya jangan dikonsumsi. Untuk jenis makanan atau minuman olahan perhatikan pula cara pengolahannya sebelum dikonsumsi. Pengolahan yang benar akan membuat produk tetap aman meskipun sudah melewati tanggal best before.

 

Dapat disimpulkan bahwa Bunda masih bisa menggunakan atau mengonsumsi suatu produk meski sudah melewati tanggal best before. Akan tetapi, tidak boleh melakukannya kalau sudah melewati tanggal kadaluwarsa. Selain itu perhatikan juga tempat penyimpanan. Jangan terlalu panas ataupun terlalu lembab, sebab juga dapat mempengaruhi kualitas produk lho!

 

Sumber:

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20151027180127-262-87757/empat-perbedaan-tentang-best-before-dan-kedaluwarsa

https://kumparan.com/@kumparanfood/ini-beda-expired-dan-best-before-pada-makanan

https://doktersehat.com/apa-beda-tanda-expired-date-dan-best-before-pada-bungkus-makanan/