TERNYATA MAKANAN PEDAS PUNYA BANYAK MANFAAT UNTUK KESEHATAN LHO!

0 Comment

Bagi orang Indonesia pada umumnya, kurang lengkap rasanya jika tidak makan makanan yang pedas.Makanan pedas membuat makanan terasa lebih lezat dan menggugah selera.Karena sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari menu sehari-hari, hampir semua daerah memiliki sajian masakan pedas.Kalau pun tidak pedas, selalu ada sambal sebagai pendamping supaya ada rasa pedas.Bagaimana dengan Bunda?Apakah juga suka makanan pedas?Atau malah anti pedas?

Sebenarnya rasa pedas tidak hanya berasal dari cabai, berikut adalah beberapa bahan makanan yang juga memunculkan rasa pedas di lidah :

  • Merica

Merica merupakan bahan pengganti cabai yang sering dikombinasikan ke dalam aneka sup, pasta, dan hidangan barat lainnya.

  • Wasabi

Wasabi merupakan salah satu penambah rasa pedas yang sering ditemui dalam sajian khas Jepang seperti sushi dan sashimi.

  • Paprika

Paprika dapat menjadi solusi untuk menambah rasa pedas pada masakanbagi yang tidak suka dengan rasa pedas cabai.Paprika memiliki cita rasa yang cenderung manis dengan sedikit rasa pedas di dalamnya.

  • Jahe

Jahe dikenal sebagai salah satu bumbu penambah rasa pedas yang cocok disajikan dalam berbagai makanan dan minuman.Biasanya jahe ditambahkan untuk menghasilkan rasa pedas pada minuman yang dapat memberikan sensasi hangat di tenggorokan.

  • Pala

Pala adalah bumbu khas Indonesia yang sering digunakan untuk menambah rasa pedas pada aneka sajian tradisional.

Tidak hanya memberikan rasa dan sensasi pedas, tetapi ternyata makanan pedas juga memiliki banyak manfaat.Cabai merah, hijau, rawit, keriting, kaya akankandungan zat capsaicin. Capsaicin adalah senyawa komponen bioaktif yang memiliki banyak manfaat.Tahukah Bunda, apa sajakah manfaatnya?

  1. Daya tahan tubuh menjadi lebih baik

Cabai dan paprika kaya akan kandungan vitamin A dan vitamin C. Kedua vitamin tersebut bersifat anti oksidan yang membuat daya tahan tubuh menjadi lebih baik, sehingga tidak mudah sakit.

  1. Anti kanker

Menurut beberapa penelitian, zat capsaicin dipercaya dapat membunuh sel kanker tanpa harus merusak sel sehat yang ada di sekitarnya.

  1. Mengobati flu dan hidung tersumbat

Capsaicin yang terkandung dalam cabai mirip dengan senyawa yang ditemukan dalam banyak ramuan obat dekongestan.Tidak heran jika dengan makan makanan pedas, biasanya hidung menjadi tidak tersumbat dan nafas terasa lebih lega.

  1. Menjaga kesehatan jantung
    • Capsaicin menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.
    • Vitamin A dan C yang terkandung dalam cabai memperkuat dinding otot jantung, dan sensasi hangat dari capsaicin dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.
    • Capsaicin juga dapat membantu mencegah pembekuan darah.

Bunda ingin masakan yang praktis, mudah diolah tapi juga ada rasa pedasnya?Saat ini So Good menghadirkan So Good Spicy Chicken Strip untuk Bunda dan keluarga.Kelezatan daging ayam dan sensasi pedasnya pasti disuka oleh keluarga. Ini juga bisa jadi cara yang tepat untuk mulai mengenalkan rasa pedas pada makanan sehari-hari untuk si kecil.

Meski banyak manfaat dan juga digemari, makan makanan pedas secara berlebihan dan waktu yang tidak tepatĀ  tentu juga memberikan dampak yang tidak baik untuk tubuh. Tidak harus mengonsumsi setiap hari, Bunda dapat sajikan 2-3 kali seminggu menu masakan pedas untuk keluarga di rumah.

https://kumparan.com/@kumparanfood/5-bahan-makanan-penambah-rasa-pedas-selain-cabai

https://hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/manfaat-makanan-pedas-untuk-kesehatan/

http://www.tribunnews.com/tribunners/2017/10/12/manfaat-dan-bahaya-makananpedas-untuk-kesehatan