RESOLUSI MENJADI KELURGA LEBIH BAIK DI TAHUN MENDATANG

0 Comment

Tidak terasa, sekarang kita sudah ada di penghujung tahun 2018. Tahun baru sudah di depan mata. Jika ada hal yang belum dilaksanakan di tahun ini dan tidak ada waktu untuk mengejarnya, hal tersebut dapat diupayakan di tahun mendatang ya, Bunda.Tahun baru biasanya diawali dengan resolusi baru.Apa sih sebenarnya resolusi itu?

Jika dikaitkan dengan tahun baru, resolusi adalah janji terhadap diri sendiri untuk melakukan perbaikan diri di tahun baru.Sebenarnya ini adalah tradisi barat, tetapi sudah menjadi bagian dari budaya di mana saja termasuk di Indonesia.Jika sudah berkeluarga, resolusinya tentu berkaitan dengan keluarga ya, Bunda? Sebelum menentukan resolusi untuk tahun mendatang, sebaiknya Bunda dan keluarga melakukan refleksi atas apa yang telah terjadi dan dilakukan sepanjang tahun 2018. Dari hasil refleksi tersebut, Bunda dapat menata dan membenahi kembali hal-hal yang masih belum benar dan terlaksana untuk dapat diwujudkan di tahun mendatang.

Pentingnya memiliki resolusi tahun baru :

  1. Menentukan arah hidup di tahun baru

Tentukan hal apa yang menjadi prioritas utama dalam keluarga. Fokus pada prioritas utama tersebut, jangan berbelok-belok.

  1. Menjadi lebih terorganisir

Untuk dapat menjalani hidup dengan lebih baik, maka Bunda dan keluarga perlu mengorganisasikan dan merencanakan kehidupan Bunda dan keluarga di tahun yang baru.Resolusi di awal tahun akan membuat rencana keluarga lebih terorganisir dan teratur, karena telah dibuat sebuah tujuan yang akan anda selesaikan di tahun yang baru.

  1. Sebagai motivasi dalam melalui perjalanan di tahun baru

Jika merasa putus asa akibat kegagalan di tahun ini, maka disinilah pentingnya resolusi tahun baru karena akan menjadi salah satu sumber motivasi yang mampu menggerakkan segenap anggota keluarga dalam melakukan sesuatu.

  1. Sebagai pegangan untuk menjadi lebih baik

Resolusi tahun baru identik dengan suatu perubahan yang lebih baik.Resolusi menjadi salah satu pegangan yang bisa diandalkan untuk memiliki kehidupan yang lebih baik, dan juga untuk berubah menjadi lebih baik lagi di tahun yang baru.

Hal apa saja yang bisa masuk dalam daftar resolusi tahun baru untuk keluarga?Berikut adalah beberapa hal yang dapat Bunda masukkan dalam daftar resolusi 2019.

  • Menentukan prioritas apa yang dibutuhkan keluarga, umumnya berupa barang, misal : rumah, kendaraan, televisi, dll
  • Meningkatkan quality time bersama keluarga. Terlebih jika selama ini orang tua merasa kurang memberikan waktunya untuk anak-anak. Berikan waktu khusus untuk keluarga, tidak harus banyak, lebih baik sedikit tapi berkualitas.
  • Menambah ketrampilan si kecil. Jika si kecil sudah menunjukkan bakat ke bidang tertentu, Bunda dapat mengarahkannya untuk mengembangkan bakat tersebut.
  • Mengatur keuangan keluarga. Jika selama ini terlalu boros untuk hal-hal konsumtif, Bunda dapat membatasinya dan mulai menabung.
  • Memperhatikan asupan gizi keluarga. Jika selama anggota keluarga sering sakit, perhatikan kembali apakah asupan makanan dan kebutuhan gizinya sudah mencukupi.

Setiap keluarga tentu memiliki resolusi yang berbeda, Bunda dapat mendiskusikan hal ini bersama keluarga, ajak si kecil untuk terlibat, pasti jadi makin seru.Dengan resolusi keluarga, tahun mendatang dapat menjadi tahun yang lebih baik dan berkualitas dibanding tahun ini.

http://www.psikoma.com/sudah-menyiapkan-resolusi-tahun-baru-ini-manfaat-memiliki-resolusi-tahun-baru-yang-perlu-anda-ketahui/