MENGENAL MANFAAT OMEGA 3 PADA PRODUK SO GOOD

0 Comment

Sudah tahukah Bunda apa itu Omega 3? Omega 3 termasuk salah satu jenis lemak sehat yang bisa dikonsumsi  tanpa menimbulkan risiko kesehatan. Omega 3 juga termasuk salah satu jenis lemak yang dibutuhkan oleh tubuh tetapi tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Banyak makanan terutama yang dikonsumsi oleh anak-anak di klaim sebagai makanan yang mengandung omega 3. Apakah benar demikian?

Omega 3 pun ada 3 jenis :

  1. ALA (Alpha-linoleat) adalah jenis asam lemak omega 3 yang paling banyak ditemukan pada berbagai jenis minyak alami dari sayur, kacang-kacangan, dan hewan yang menerima makanan dari rumput alami. Sebagian besar ALA digunakan sebagai penghasil energi. Tubuh manusia membutuhkan sekitar 1,3 hingga 2,7 gram / hari.
  2. EPA (Eicosapentaenoic acid) adalah jenis asam lemak omega 3 yang banyak ditemukan pada semua sumber ikan laut terutama ikan berlemak seperti ikan salmon dan makarel. Fungsinya menghasilkan senyawa kimia eicosanoid dalam tubuh yang berperan menjaga kekebalan tubuh dan mengendalikan peradangan. EPA juga diketahui membantu meringankan gejala depresi.
  3. DHA (docosahexaenoic acid) adalah jenis asam lemak yang juga ditemukan pada semua jenis ikan berlemak yang tinggal di laut. Merupakan salah satu komponen utama yang membangun 8% dari berat otak, sehingga jenis asam lemak ini sangat diperlukan dalam pertumbuhan dan perkembangan otak. DHA tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak pada masa perkembangan namun juga pada lansia untuk mencegah kerusakan otak seperti demensia.

Omega 3 tidak hanya dibutuhkan oleh anak-anak, tetapi juga dibutuhkan oleh orang dewasa. Bahkan ibu hamil harus mengkonsumsi omega 3 yang cukup untuk mendukung proses perkembangan jaringan otak janin. Manfaat Omega 3 :

  • Konsumsi ikan yang mengandung minyak ikan tinggi, dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, serta mengurangi risiko stroke.
  • Omega 3 memberi perlindungan untuk pembuluh darah yang bekerja untuk jantung dan otak agar terlindung dari pembentukan plak dan pembekuan darah.
  • Bisa meningkatkan jumlah HDL yang merupakan kolesterol baik dan menurunkan jumlah trigliserida hingga mencegah kolesterol tinggi.
  • Mencegah risiko berbagai penyakit yang berhubungan dengan pengeroposan tulang seperti radang sendi dan tulang rapuh.
  • Meningkatkan penyerapan kalsium untuk tubuh sehingga bisa mencegah masalah tulang terutama untuk orang lanjut usia
  • Memberikan perlindungan terhadap sistem kerja dari sel-sel dalam otak, termasuk untuk mengatasi beberapa gangguan mental seperti bipolar dan skizofrenia.

Sumber makanan yang mengandung omega 3 tinggi diantaranya adalah ikan laut (salmon, sarden), telur, susu, margarin, yoghurt, kacang-kacangan, sayuran (kubis, bayam, selada), sumber minyak (canola, ikan cod, biji rami). Bunda juga dapat temukan makanan kaya omega 3  pada produk olahan So Good, yakni So Good Fish Nugget dan Fish Karage. Selain disajikan sebagai lauk, Fish Karage juga dapat menjadi camilan yang menyehatkan untuk anak-anak. Yuk Bunda, sajikan selalu makanan bergizi seimbang untuk keluarga tercinta di rumah.

Sumber :