ARTIKEL

5

Mar

APA ITU GIZI SEIMBANG?

Sudah cukupkah kandungan gizi yang terdapat dalam menu makanan Anda sehari-hari? Jarang sekali orang yang memperhatikan hal ini. Yang penting perut terasa kenyang, sehingga apa yang dikonsumsi terkadang tidak memenuhi apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya anak-anak yang membutuhkan gizi memadai, orang dewasa bahkan lansia pun demikian halnya. Ini yang terkadang sering diabaikan.
Menu seimbang adalah menu yang terdiri dari beraneka ragam makanan dalam jumlah dan porsi yang sesuai sehingga memenuhi kebutuhan gizi seseorang guna pemeliharaan dan perbaikan sel-sel tubuh dan proses kehidupan serta pertumbuhan dan perkembangan. Seberapa banyak kebutuhan gizi tiap orang tentunya berbeda, tergantung usia, jenis kelamin dan aktivitas yang dilakukan.
Kebutuhan energi pada orang dewasa 1700-2250 kalori. Untuk mencegah terjadinya penyakit gangguan metabolisme perlu menyeimbangkan masukan energi sesuai dengan kebutuhan tubuh, agar tidak terjadi penimbunan energi dalam bentuk cadangan lemak dalam tubuh. Berikut adalah zat yang dibutuhkan tubuh :

1. Karbohidrat
Merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Energi yang dibutuhkan tubuh dianjurkan sekitar 60% berasal dari sumber karbohidrat. Bahan makanan sumber karbohidrat : padi, gandum, kentang, singkong, ubi jalar, roti dll.
2. Protein
Protein adalah zat utama dalam pembentukan dan pertumbuhan jaringan tubuh. Protein dapat diperoleh dari hewan (protein hewani : telur, daging, susu, keju, ikan, dll), dan dapat diperoleh dari tumbuhan (protein nabati : kacang-kacangan, biji-bijian, gandum, dll).
3. Lemak
Termasuk sumber energi bagi tubuh, Konsumsi lemak yang tinggi dari makanan kemungkinan akan menaikkan kadar lipid darah yang disertai peningkatan risiko terserang penyakit jantung koroner. Makanan sumber lemak berasal dari daging, telur, minyak jagung, minyak kacang, kedelai, ikan, susu dll
4. Vitamin
Vitamin adalah zat yang tidak bisa diproduksi tubuh. Meski vitamin yang dibutuhkan tubuh kita tergolong sedikit kita tetap harus memenuhinya, sebab fungsi vitamin tidak dapat digantikan dengan zat lain. Vitamin diperlukan untuk pertumbuhan, kekebalan tubuh, dan reproduksi. Vitamin tidak memberikan energi tapi berperan sebagai pengatur (fungsi regulator). Bila tubuh kekurang vitamin dapat menderita Avitaminosis atau defisiensi.
5. Mineral
Mineral berfungsi sebagai bahan pembentuk berbagai jaringan tubuh, misalnya tulang dan gigi (Ca dan P), rambut, kuku, dan kulit (S), sel-sel darah merah (Fe). Mineral juga berfungsi untuk proses penggumpalan darah, metabolisme tubuh, mengatur keseimbangan keasaman cairan tubuh. Bila kita kekurangan mineral, tubuh dapat menderita penyakit defisiensi.
6. Air
Tubuh manusia mengandung air sekitar 60% – 65% dari berat tubuh. Air sangat penting bagi tubuh sebab air berfungsi sebagai medium berbagai reaksi kimia dalam tubuh, mengangkut nutrisi ke berbagai jaringan, mengangkut sisa metabolisme keluar tubuh, dan sebagai pelarut senyawa-senyawa lainnya. Air dapat diperoleh langsung dengan meminum air atau dari mengkonsumsi buah atau sayuran.

Departemen Kesehatan RI menganjurkan agar seseorang perlu mengonsumsi aneka ragam makanan. Adapun yang dimaksud dengan keanekaragaman makanan adalah hidangan yang paling tidak terdiri dari 4 kelompok bahan makanan yaitu :

1. Satu jenis atau lebih karbohidrat 35% misalnya beras, jagung, gandum, ubi kayu, kentang, sagu, dan sebagainya.
2. Satu jenis atau lebih Protein 15% misalnya kacang-kacangan, tempe, tahu, telur, ikan, daging, dan sebagainya.
3. Satu jenis atau lebih makanan kelompok buah-buahan 15% + sayuran 35% sebagai sumber vitamin dan mineral misalnya buah pisang, apel, pepaya, jeruk, dan sebagainya. sayuran wortel, bayam, kangkung, dan sebagainya.

Salah satu jenis bahan makanan yang dianjurkan untuk pemenuhan gizi seimbang adalah bahan makanan yang disebut dengan lauk pauk. Bahan makanan ini memenuhi kebutuhan tubuh akan protein. Bisa didapat dari produk nabati seperti kacang-kacangan, biji-bijian, gandum dan juga didapat dari produk hewani seperti telur, keju, daging, ikan. Setiap sel dan organ dalam tubuh Anda membutuhkan protein. Pasalnya protein merupakan salah satu nutrisi terpenting yang diperlukan tubuh sebagai sumber energi, membantu meningkatkan massa otot, produksi hormon, serta membangun, memelihara, dan mengganti jaringan tubuh yang rusak.

Dalam tiap harinya makanan utama yang Anda konsumsi adalah sekitar 2-4 kali porsi. Diharapkan 15 persen dari sepiring makanan yang Anda makan terdiri dari protein. Menyiapkan menu seimbang dalam porsi makan Anda tiap hari terkadang terasa merepotkan, karena membutuhkan waktu dan tenaga ekstra untuk menyiapkannya. Untuk memenuhi kebutuhan protein, So Good menghadirkan berbagai produk protein hewani mulai dari yang berbahan baku ayam, daging, bahkan seafood. Cara mengolahnya yang mudah dan praktis membuat Anda tidak perlu repot untuk menyiapkan lauk pauk dengan bahan baku protein hewani. Terlebih jika Anda memiliki anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, perhatikan supaya kebutuhan proteinnya tercukupi. Untuk anak-anak, Anda bisa memilih produk So Good yang menarik untuk mereka, seperti nugget alphabet series atau animal series. Makan sekaligus belajar pasti jadi lebih seru.

Tentunya selain mencukupi kebutuhan gizi, pola hidup yang sehat tetap harus Anda lakukan. Membiasakan untuk mencuci tangan, rutin berolahraga dan selalu memantau tinggi dan berat badan ideal adalah beberapa hal pendukung yang dapat Anda lakukan. Pada tanggal 25 Januari ditetapkan sebagai Hari Gizi Nasional, semoga masyarakat Indonesia makin menyadari pentingnya pemenuhan kebutuhan gizi seimbang untuk Indonesia yang lebih sehat.

Post a Comment