Anak Anda Susah Makan? Baca Tips Ini Untuk Mengatasinya.

Ketika anak susah makan tentu menjadi permasalahan tersendiri bagi orang tuanya. 

Bukan cuma kebutuhan nutrisi yang khawatir tidak terpenuhi, anak susah makan juga dikhawatirkan mengalami keterlambatan atau masalah tumbuh kembang. Karena itu, penting bagi orang tua tahu bagaimana cara untuk mengatasi anak yang susah makan.

Penyebab seorang anak susah makan dikarenakan faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik meliputi terdapatnya gangguan di organ pencernaan maupun terdapatnya infeksi dalam tubuh anak. Sedangkan faktor psikis meliputi gangguan psikologis pada anak, seperti kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orangtua, maupun anak dipaksa memakan makanan yang tidak disukai.

Setelah tahu penyebabnya, kini Happy People bisa  tahu solusinya, agar tidak terlalu lama memikirkannya. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi anak agar tak susah makan:

1. Berikan makanan dalam porsi kecil

Berikanlah makanan anak sesuai dengan usia dan perkembangannya. Beri porsi yang cukup, bukan berlebih. Jika anak merasa kurang ia boleh minta tambah. Ingat, lambung si kecil belum mampu menampung makanan terlalu banyak, jadi berikan ia makanan sedikit demi sedikit. Lebih baik memberi makanan yang padat gizi dan berenergi tinggi dalam porsi kecil dari pada kudapan yang akan mengganggu timbulnya rasa lapar.

2. Aneka variasi makanan

Cobalah anda membuat beberapa pilihan menu makanan, lalu biarkan anak anda mencoba memilih sendiri makanan yang ia sukai. Biasanya anak lebih suka dengan makanan pilihannya. Variasi menu, perubahan rasa, dan keragaman yang menarik ini diperlukan agar anak tidak cepat bosan.

3. Sajikan dengan menarik

Setelah menyajikan banyak pilihan, sajikan makanan dengan tampilan yang menarik. Misalnya, mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear atau bebek kecil.

4. Jadikan suasana makan menyenangkan

Hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak agar ia mau makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa saat makan merupakan saat yang tidak menyenangkan. Bahkan bukan tidak mungkin bisa menimbulkan trauma psikologis baginya.

5. Libatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan.

Misalnya dengan meminta pertolongannya untuk mengambilkan buah atau sayur di swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Selain itu, anak anda memerlukan contoh dari orang tuanya. Bila anda mengkonsumsi makanan sehat, maka anak akan mencontoh pola makan anda sebagai orang tua.

6. Minimalkan gangguan saat makan

Sebaiknya tidak membiasakan anak makan sambil bermain atau menonton TV. Biasakan ia untuk makan di meja. Hal ini akan membuat ia lebih fokus serta menikmati makanannya. Hal ini juga mendidik anak untuk makan dengan rapi dan dengan tata cara yang benar.

Baca Juga:
Ketahui Manfaat Membiasakan Jam Makan Pada Anak

Happy People, apa yang anda lakukan bila anak anda susah makan?

Post a Comment