ARTIKEL

27

Mar

MANFAAT PROTEIN HEWANI DALAM MEMENUHI GIZI SEIMBANG

Seringkali kita makan daging hanya karena alasan lauk yang enak. Padahal selain enak, daging mengandung protein yang kaya manfaat bagi tubuh. Protein merupakan salah satu zat gizi yang memiliki fungsi khusus yang tidak bisa terganti oleh zat gizi lainnya.

Gizi merupakah salah satu hal yang menentukan kehidupan manusia. Gizi adalah dasar bagi kehidupan manusia yang berpengaruh pada kesehatan, produktivitas kerja, dan kecerdasan. Apa yang kita makan akan, apa nutrisi yang terkandung pada yang kita makan, akan berpengaruh pada kegiatan kita sehari-hari. Melalui kandungan dari makanan yang disebut dengan gizi, terciptalah sumber energi serta sumber untuk membantu proses pertumbuhan, perbaikan, dan perawatan sel-sel tubuh manusia. Jenis zat gizi yang terkandung dalam makanan pun beragam diantaranya protein, lemak, karbohidrat, air, vitamin dan mineral.

Masing-masing jenis zat gizi memiliki manfaat yang berbeda bagi tubuh kita. Meski beragam jenis dan fungsinya, terdapat salah satu gizi yang ditekankan dalam Pedoman Gizi Seimbang. Merujuk pada pesan ke-tiga dari 10 pesan gizi seimbang, kita dihimbau untuk membiasakan diri dengan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi. Hal ini mengisyaratkan bahwa protein adalah zat gizi yang berperan penting dakam tubuh. Pertanyaannya, seberapa pentingkah kandungan protein bagi tubuh kita ?

Berdasarkan sumber pangannya, protein terbagi menjadi dua yakni protein hewani yang berasal dari hewan dan protein nabati yang berasal dari tumbuhan. Meski masing-masing dari mereka menyediakan sumber protein bagi tubuh, mereka memiliki keunggulan tersendiri. Protein nabati unggul dalam tingginya kandungan lemak tidak jenuh dibanding protein hewani. Sedangkan keunggulan protein hewani adalah mempunyai asam amino yang lebih lengkap dan lebih baik, karena kandungan zat-zat gizi tersebut lebih banyak dan mudah diserap tubuh.

Selain memiliki keunggulan tersebut, protein hewani juga kaya akan manfaat bagi tubuh. Protein hewani memiliki banyak fungsi, diantaranya membantu dalam pembentukan sel otot, membentuk dan menguatkan sel jaringan baru, mendukung metabolisme tubuh, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Selain itu protein juga dibutuhkan untuk memproduksi hormon, enzim dan berbagai jenis zat kimia yang dibutuhkan oleh tubuh. Protein menjadi zat yang penting untuk tubuh terutama untuk membantu pembentukan tenaga. Berbagai jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak diperlukan tubuh sebagai cadangan energi. Tetapi semua proses tersebut tidak dapat dilakukan tanpa protein. Protein membantu tubuh dalam mengolah energi dari kalori dan berbagai jenis sumber makanan lain. Selain berfungsi bagi tubuh orang dewasa, protein turut berdampak penting bagi pertumbuhan janin. Protein berguna sepanjang kehamilan untuk membantu membangun pertumbuhan berbagai jenis organ seperti sistem pernafasan, tulang, otot dan sistem pembentukan tubuh. Dan bahkan berpengaruh besar bagi pembentukan otak anak sejak masih dalam kandungan hingga umur 2 tahun.
Banyaknya manfaat protein, mengharuskan kita untuk pintar dalam memilih sumber protein yang baik. Sebagai sumber protein hewani, daging ayam maupun daging sapi biasanya menjadi pilihan bagi keluarga Indonesia. Selain mudah di dapat, daging hewan juga terasa lebih lezat. Disamping menikmati protein dalam bentuk daging, sebenarnya banyak pilihan untuk merasakan kandungan protein hewani. Produk So Good hadir dalam beragam varian yang berasal dari hewani sebagai jawaban untuk membantu meningkatkan angka kebutuhan gizi protein tubuh kita. Bagi pecinta daging sapi, kita bisa menikmati olahan daging sapi dalam bentuk sosis seperti pada produk So Good Premium Sausage. Selain terbuat dari daging sapi berkualitas, sosis ini juga mengandung 8gr protein / 60gr sajiannya. Ada banyak varian rasa dari Sosis So Good yang bisa dipilih yaitu rasa original, garlic, hot & spicy, honey dan smoke bratwurst. Jadi membuat menu masakan favorit keluargapun akan lebih mudah dan praktis serta yang pastinya enak dan bergizi baik.

Post a Comment