ASAM LEMAK UNTUK PERKEMBANGAN OTAK

Healthy people, pada masa pertumbuhannya, Si Kecil membutuhkan asupan gizi yang cukup, salah satunya untuk perkembangan otak. Nah, ada banyak nutrisi yang bagus untuk kecerdasan otak, di antaranya beberapa jenis asam lemak berikut ini:

AA (Arachidonic acid) dan DHA (Docosahexanoid acid), bermanfaat untuk pertumbuhan sistem saraf pusat dan fungsi visual/penglihatan. Zat ini bisa didapatkan dalam ikan tuna, salmon, makarel, sarden, daging, dan telur.

Asam lemak omega 3, penting untuk membentuk pembungkus syaraf. Omega-3 dianggap paling penting di antara asam-asam lemak karena memiliki efek anti peradangan dan anti penggumpalan darah. Selain dari ikan berlemak tinggi seperti salmon atau tuna, omega-3 juga dapat diperolah dari sayuran berdaun hijau.

Asam amino, penting untuk daya ingat. Sumber-sumber asam amino yang berkualitas tinggi adalah protein hewani, misalnya daging sapi, daging ayam, telur, produk susu. Sementara protein nabati didapat dari kacang-kacangan, termasuk kedelai, kacang hijau, kacang tanah, dan kacang polong.

Tyrosine dan Triyptophane, penting untuk memengaruhi pengendalian diri, konsentrasi, emosi dan perilaku anak. Tirosin terkandung dalam hati ayam, keju, alpukat, pisang, ragi, ikan dan daging. Triptofan terdapat pada telur, daging, susu skim, pisang, susu, dan keju.

Healthy people, pilih zat makanan yang mengandung nutrisi tepat agar perkembangan otak anak tidak terganggu. Namun, memberikan nutrisi penting saja tidak cukup, karena kecerdasan dipengaruhi tiga faktor penting yaitu genetik, nutrisi, dan lingkungan. Faktor lingkungan yang paling utama adalah stimulasi dini. Makin dini dilakukan stimulasi, maka perkembangan otak semakin baik.

Post a Comment