TIPS UNTUK MENJADI SO GOOD MOMS DAN SO GOOD KIDS

0 Comment

Sudahkah Bunda menjadi ibu yang baik bagi anak-anak? Penilaian baik-tidaknya seseorang memang bersifat subjektif. Tergantung dari sudut pandang masing-masing orang. Baik bagi si A belum tentu baik bagi si B. Tetapi dibalik itu semua, tentu ada karakteristik atau ciri-ciri yang menjadikan Bunda sebagai ibu yang baik alias SO GOOD Moms.

 

SO GOOD Moms pada umumnya memiliki ciri-ciri berikut dalam kesehariannya :

  • Sabar

Sabar yang dimaksud di sini adalah berusaha memaklumi dan menerima segala kesibukan sebagai seorang ibu yang dimulai sejak pagi hingga waktu menjelang tidur malam. Menjalaninya tanpa stress dan tetap bahagia.

  • Mencintai tanpa syarat

Setelah cap ibu melekat pada diri Bunda, segala yang Bunda lakukan prioritasnya adalah untuk si kecil. Tidur malam yang hanya beberapa jam, belum lagi jika si kecil sedang tidak enak badan. Semua Bunda lakukan tanpa syarat, demi cinta Bunda untuk anak.

  • Selalu ceria dalam beragam keadaan

Meski beragam permasalahan datang menghampiri, ibu yang baik akan selalu menutupinya dan tetap bersikap gembira di depan anak-anaknya supaya suasana di rumah tetap ceria.

  • Menjadi pendengar yang baik

Ibu yang baik selalu mendengarkan apa pun cerita anak-anaknya. Kebiasaan menjadi pendengar yang baik sejak si kecil masih berusia dini akan berlanjut hingga ia beranjak remaja. Tentu akan lebih baik jika sahabat si kecil adalah ibunya sendiri, bukan?

  • Memahami

Memahami beragam permasalahan yang terjadi dalam rumah tangga sebagai bagian dari kehidupan yang harus dijalani. Menjalaninya tanpa keluh kesah dan senantiasa mencari solusi yang paling baik.

  • Memberi dukungan

Ibu yang baik selalu memberi dukungan kepada seluruh anggota keluarga atas segala aktivitas yang mereka lakukan sepanjang hal tersebut baik.

  • Dapat bekerja sama

Ibu yang baik tidak harus melakukan semuanya seorang diri. Tetapi mampu bekerja sama dengan seluruh anggota keluarga sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

  • Memiliki simpati dan empati

Ibu yang baik selalu mengalah demi anaknya. Keinginan pribadi dikesampingkan, prioritas yang lebih utama adalah kebutuhan anak.

Nah, ibu yang baik tentu menginginkan anaknya menjadi anak yang baik juga. Setiap anak adalah unik. Tidak ada yang sama. Ajarkan anak-anak sejak dini untuk menjadi pribadi yang baik alias SO GOOD Kids dengan memiliki sifat sebagai berikut :

  • Suka berbagi

Ajari si kecil untuk berbagi makanan atau berbagi mainan bersama teman atau saudaranya.

  • Penyayang

Ajari si kecil untuk menyayangi makhluk hidup di sekitarnya termasuk hewan dan tanaman.

  • Rasa ingin tahu yang besar

Anak yang pandai memiliki rasa ingin tahu yang besar. Jika rumah Bunda selalu berantakan akibat ulah si kecil, itu tandanya ia senang bereksperimen dengan hal-hal baru dan selalu ingin meniru apa yang Bunda lakukan.

  • Suka menolong

Menolong temannya yang sedang jatuh, menolong temannya yang kesulitan untuk mencari sesuatu adalah salah satu bentuk sederhana yang dapat Bunda ajarkan kepada si kecil untuk terbiasa menolong sejak dini.

  • Tidak mau menang sendiri

Si kecil tidak protes atau marah ketika ada anak lain mendekati dan memegang mainan kesayangannya menunjukkan bahwa ia bukan anak yang ingin menang sendiri.

Seiring sejalan dengan bertumbuhnya si kecil, Bunda dapat mengajari si kecil denganĀ  dengan cara yang mudah. Yakni menjadi SO GOOD Moms. Dan si kecil akan meniru segala hal baik yang Bunda lakukan hingga kelak ia menjadi SO GOOD Kids yang membanggakan keluarga.

 

Sumber:

https://www.idntimes.com/life/women/bayu/karakteristik-calon-ibu-yang-baik/full

https://id.theasianparent.com/ibu-bijak-8-ciri-ciri-yang-harus-dimilikinya/

https://id.theasianparent.com/10-sifat-baik-anak-yang-bisa-tampak-sejak-ia-balita/