TIPS MEMASAK IKAN SUPAYA TIDAK AMIS

0 Comment

Ikan adalah salah satu sumber makanan yang baik untuk tubuh. Tahukah Bunda, apa saja kandungan gizi yang terdapat pada ikan? Ikan mengandung protein, lemak, vitamin dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut adalah serba-serbi tentang protein yang terdapat pada ikan :

  • Kandungan protein ikan lebih tinggi daripada protein yang terdapat pada kacang-kacangan, setara dengan daging, sedikit dibawah telur.
  • Protein ikan sangat mudah dicerna, sehingga baik bagi balita yang belum sempurna sistem pencernaannya.
  • Asam amino yang terkandung pada protein ikan bentuknya mendekati asam amino yang terdapat dalam tubuh manusia.
  • Komposisi asam amino protein ikan juga lebih lengkap dibanding dengan bahan makanan lain, salah satunya taurin, yang bertindak dalam menstimulus sel-sel otak pada bayi.

Meski banyak bermanfaat untuk tubuh, tetapi sering kali Bunda enggan untuk memilih ikan sebagai pilihan lauk karena merasa sulit untuk mempersiapkannya. Belum lagi jika setelah diolah ikan masih terasa amis sehingga tidak sedap untuk disantap. Nah, berikut beberapa tips untuk mengurangi bau amis pada ikan. Bahannya mudah dan tersedia di dapur :

  1. Air cuka

Bunda bisa balurkan cuka putih ke ikan yang telah dicuci bersih, tetapi jangan terlalu banyak karena penggunaan cuka yang berlebih dapat menghilangkan rasa alami ikan.

  1. Air lemon atau jeruk nipis

Cuci ikan sampai bersih. Balurkan perasan air lemon atau jeruk nipis ke ikan yang telah dicuci bersih, lalu diamkan sejenak.

  1. Jahe

Ketika Bunda memasak ikan baik digoreng ataupun masak kuah, sertakan jahe sebagai bagian dari bumbu. Tidak perlu dihaluskan tapi cukup dimemarkan saja.

  1. Daun dan kulit jeruk

Rebus daun atau kulit jeruk lalu gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci ikan sebelum digoreng atau dimasak. Untuk ikan yang dimasak dengan kuah santan, masukkan 1 atau 2 daun jeruk ke dalam masakan, selain menambah rasa sedap juga mampu menghilangkan bau amis.

  1. Apel

Iris tipis-tipis buah apel lalu masukkan ke dalam minyak atau air untuk memasak ikan. Angkat irisan apel tersebut ketika layu. Minyak maupun air untuk memasak ini akan menyerap bau amis ikan tanpa mengurangi rasa alami ikan.

Setelah Bunda mencuci bersih ikan dan bau amisnya sudah berkurang, Bunda bisa mulai mengolahnya dengan cara-cara berikut :

  1. Baking (panggang)

Beri bumbu pada kedua sisi ikan dan di dalam (rongga). Lalu letakkan di atas nampan pemanggang. Mengolah ikan di atas bara api kurang baik, sebab asap yang ditimbulkan mengandung zat beracun yang tidak bisa diserap oleh tubuh.

  1. Poaching (rebus)

Poaching (rebus) menjaga daging ikan tetap lembut. Untuk merebus potongan ikan, dianjurkan menggunakan kaldu sayur atau ayam. Gunakan wajan berukuran besar untuk meletakkan beberapa potongan ikan. Tuang kaldu hingga menutupi seluruh permukaan ikan. Masak selama 10 menit hingga kaldu mendidih secara perlahan, jika terdapat banyak gelembung itu berarti apinya terlalu besar.

  1. Pan frying (goreng)

Campurkan mentega ke dalam minyak goreng supaya terasa lebih sedap dan harum aromanya.  Setelah panas, tambahkan rempah seperti bawang putih dan jahe, dan Bunda bisa mulai memasukkan ikan ke dalam wajan.

 

Untuk menyajikan menu ikan untuk keluarga, Bunda juga dapat menyediakan So Good Fish Nugget atau So Good Fish Karaage yang terbuat dari daging ikan pilihan yang telah diolah dengan baik, sehingga memberikan kebaikan bagi konsumennya.

Tidak perlu khawatir lagi dengan bau amis ikan dengam mencoba tips diatas, tidak sulit kan Bunda?