KETAHUI BERAGAM CARA PENGAWETAN MAKANAN

0 Comment

Saat ini untuk memudahkan Bunda dalam menyajikan masakan untuk keluarga, beragam varian makanan beku dapat menjadi pilihan. Memudahkan karena tidak perlu berbelanja atau melalui rangkaian proses memasak yang menghabiskan waktu. Makanan beku yang tersedia pun beragam, mulai dari bahan makanan, sebangsa kue atau jajanan hingga ke masakan jadi. Cukup menyediakannya di freezer dan tidak perlu waktu lama, masakan untuk keluarga pun tersedia.

 

Dalam memilih makanan tersebut, sudah seharusnya Bunda mengetahui asal-usul produk. Cara pengolahan termasuk berapa lama produk tersebut dapat bertahan di freezer. Pengawetan makanan bertujuan untuk :

  • Memperpanjang umur simpan bahan makanan (lamanya suatu produk dapat disimpan tanpa mengalami kerusakan);
  • Mempertahankan sifat fisik dan kimia bahan makanan;
  • Mencegah atau memperlambat laju proses dekomposisi bahan makanan
  • Mencegah pertumbuhan mikroba yang menggunakan pangan sebagai substrat untuk memproduksi toksin didalam pangan;
  • Mencegah kerusakan yang disebabkan oleh faktor lingkungan

Berikut adalah beberapa cara pengawetan produk untuk Bunda ketahui :

  • Pembekuan

Pembekuan adalah metode pengawetan yang umum digunakanyang bertujuan untuk memperlambat pembusukan dan pertumbuhan mikroorganisme. Selain itu efek dari temperatur rendah mengakibatkan air yang tersedia menjadi lebih sedikit bagi bakteri untuk berkembang.Semakin dingin suhu bahan makanan, makan penurunan kesegaran bahan makanan semakin dapat dibatasi. Namun selama proses pencairan (defrost) kualitas bahan makanan akan menurun.

  • Pengeringan

Pengeringan merupakan salah satu cara pengawetan bahan pangan secara fisik. Pengeringan adalah suatu cara untuk mengeluarkan atau mengilangkan sebagian air dari suatu bahan dengan menguapkan sebagian besar air yang dikandung melalui penggunaan energi panas. Biasanya, kandungan air bahan tersebut dikurangi sampai batas hingga mikroorganisme tidak dapat tumbuh lagi di dalamya

  • Pengasinan

Salah satu cara pengawetan makanan adalah dengan menggunakan bahan yang sering kita gunakan, yaitu garam. Melalui teknik penggaraman ini, garam dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme yang dapat membusukkan makanan. Teknik penggaraman ini biasanya dilakukan masyarakat pinggir pantai untuk membuat ikan asin.

  • Pengasapan

Pengawetan dengan cara pengasapan kebanyakan juga dilakukan untuk ikan. Teknik ini dilakuakan dengan menaruh makanan dalam sebuah tempat yang kemudian akan diasapi dari bawah. Mengawetkan makanan melalui pengasapan akan membuat makanan benar-benar awet apabilaa dipadukan dengan teknik pengawetan seperti  pengasinan dan pengeringan.

Penting bagi Bunda untuk mengetahui cara pengawetan makanan yang dipilih. Tiap produk memiliki karakteristik berbeda begitu pun dengan cara pengawetannya  Cara pengawetan makanan yang tidak tepat akan membuat makanan justru rawan terkontaminasi oleh bakteri dan kehilangan nutrisi yang terkandung di dalam makanan tersebut.

Sumber :