JIKA ANAK FLU, LAKUKAN HAL INI

0 Comment

Balita bisa lebih sering mengalami flujika dibandingkan dengan anak yang lebih tua dan orang dewasa,  karena mereka belum mempunyai sistem kekebalan tubuh yang kuat. Sebelum usia 7 tahun, sistem kekebalan tubuh anak belum kuat sepenuhnya. Selain itu, saluran pernapasan atas anak (termasuk telinga dan bagian sekitarnya) belum sepenuhnya berkembang sampai setelah usia sekolah. Sehingga, hal ini memungkinkan bakteri dan virus untuk menyerang imunitasnya.

 

Ketika si kecil mengalami flu, biasanya ia akan rewel sepanjang hari karena pada umumnya flu juga diiringi dengan demam. Belum lagi jika sulit bernafas karena hidungnya buntu akibat pilek. Batuk yang terus menerus juga akan membuat si kecil tidak nafsu makan dan tidak bisa nyenyak tidur. Jika biasanya melihat si kecil aktif bermain dan berlari ke sana kemari, tetapi ketika flu menyerang ia nampak lesu dan tidak bersemangat, hal ini tentu membuat Bunda jadi panik.

 

Sebenarnya untuk mengatasi si kecil yang terkena flu, Bunda tidak harus membawanya ke dokter. Langkah-langkah pengobatan sederhana yang dapat Bunda lakukan diantaranya adalah dengan cukup istirahat, mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, serta menjaga suhu tubuh tetap normal. Ketika sedang mengalami flu, nafsu makan juga ikut menurun. Padahal supaya lekas sembuh, asupan makanan yang bergizi juga diperlukan. Jika si kecil sedang flu dan susah makan, Bunda bisa mencoba untuk memberikan makanan berikut :

  • Sup hangat

Makan makanan yang hangat dan berkuah biasanya itu yang didambakan orang yang sedang terkena flu . Dengan mengkonsumsi sup, silia (rambut halus yang ada pada hidung) berfungsi dengan lebih baik dalam melindungi tubuh dari berbagai serangan bakteri dan juga virus. Selain itu, berbagai indera dalam tubuh juga akan menjadi lebih tenang sehingga flu pun akan lebih cepat sembuh.

  • Buah pisang

Buah pisang kaya akan kandungan kalium sehingga mampu menggantikan kalium dalam tubuh yang sedang menurun ketika terkena flu. Pisang juga akan membuat sistem pencernaan bekerja lebih baik sehingga sistem metabolisme tubuh pun akan kembali berfungsi dengan maksimal. Dan cukup memberikan energi untuk tubuh sehingga terasa lebih fit.

  • Madu

Siapa sangka ternyata madu memiliki sifat anti bakteri, anti jamur, hingga membuat sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat. Dengan mengkonsumsi madu, maka tubuh pun akan lebih terlindungi dengan baik dan membuatnya lebih cepat pulih dari flu. Tetapi madu tidak boleh diberikan untuk anak di bawah usia 1 tahun ya, Bunda.

  • Air kelapa

Flu membuat tubuh mengalami dehidrasi, untuk itu disarankan untuk banyak mengkonsumsi air putih. Selain air putih, disarankan juga untuk minum air kelapa yang kaya akan berbagai elektrolit dan antioksidan yang bisa membuat tubuh cepat pulih.

  • Buah yang kaya vitamin C

Vitamin C bermanfaat untuk mempertahankan kekebalan tubuh dan melawan flu. Jeruk bukanlah satu-satunya makan yang kaya akan vitamin C. Kentang, paprika hijau, stroberi dan nanas juga kaya akan vitamin C untuk melawan pilek yang disertai flu.

Memenuhi gizi anak adalah hal utama yang harus Bunda lalukan. Asupan makanan bergizi seimbang dan  kebutuhan protein yang tercukupi akan membuat si kecil memiliki daya tahan tubuh yang baik dan tidak mudah terserang flu. Jika si kecil mengalami flu, Bunda bisa coba berikan makanan tersebut di atas ditambah dengan istirahat yang cukup.Tetapi jika demam terus berlanjut, sebaiknya Bunda konsultasikan hal ini kepada dokter untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.