INI DIA MSG ALAMI YANG LEBIH MENYEHATKAN UNTUK MASAKAN BUNDA

0 Comment

MSG adalah kepanjangan dari Monosodium Glutamat.MSG adalah garam yang terbentuk dari sodium dan asam glutamat.Glutamat memiliki keunikan sifat, yaitu dapat membuat molekul-molekul dari makanan yang dimakan melekat lebih kuat di lidah dan dibaca oleh reseptor rasa yang ada di lidah sebagai rasa yang lebih kuat.Orang Jepang menyebutnya dengan istilah rasa umami.

Bahayakah MSG untuk kesehatan?Hal ini masih terjadi perdebatan.Sebagian orang mengatakan bahwa MSG lah penyebab kanker dan berbahaya untuk otak.Kadar sensitivitas setiap orang pun berbeda, ada yang mengonsumsi dalam jumlah banyak tapi aman-aman saja. Dan sebaliknya, ada yang tubuhnya langsung bereaksi meskipun hanya sedikit mengonsumsi MSG. Benar tidaknya bahaya MSG untuk kesehatan, alangkah baiknya jika MSG dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, tidak berlebihan.

Berikut adalah beberapa reaksi tubuh terhadap MSG : tubuh menjadi lemas, kulit menjadi merah, wajah terasa kencang, berkeringat, mati rasa/kesemutan pada bagian tubuh tertentu, detak jantung cepat, nyeri dada, sakit kepala, mual.

Tahukah Bunda bahwa ada juga MSG alami yang membuat masakan Bunda terasa makin lezat? Berikut beberapa diantaranya :

  • Campuran gula dan garam

Tambahkan gula dalam masakan, perbandingan gula dan garam adalah 1:2 .Jika Bunda belum pernah mencobanya, dijamin masakan jadi lebih lezat.

  • Keju

Pernahkah Bunda mencoba taburan keju dalam sop atau nasi goreng. Dijamin pasti bikin anggota keluarga makin cinta dengan masakan Bunda.

  • Kaldu

Bunda bisa menyiapkan kaldu dari tulang sapi atau tulang ayam. Masak dengan api kecil selama kurang lebih 3 jam, boleh juga ditambahkan seledri. Setelah dingin, masukkan ke dalam beberapa kantong plastik ukuran sekali masak, lalu masukkan ke freezer.

  • Jamur

Jika Bunda dan keluarga adalah penganut vegetarian, kaldu jamur adalah pilihan yang tepat. Caranya : haluskan 250 gram jamur shitake, 2 siung bawang putih, 1 buah wortel, seledri dan daun bawang secukupnya, sendok makan garam halus. Sangrai diatas api kecil atau masukkan ke dalam oven hingga kering.

  • Bawang merah dan bawang putih

Ini adalah dua bumbu wajib pada tiap masakan di Indonesia.Biasanya bawang merah jumlahnya lebih banyak dibanding bawang putih.Iris tipis, lalu tumis dengan minyak goreng.Tambahkan keduanya dalam masakan Bunda.Tidak hanya rasa, tetapi juga aroma masakan jadi makin menggoda.

Bagaimanapun juga, yang alami tentu lebih baik daripada yang buatan, meski Bunda harus meluangkan waktu lebih dibanding menggunakan MSG instan.Jika Bunda merasa perlu, boleh saja menggunakan MSG instan tentunya dalam jumlah yang wajar dan tidak berlebihan.

https://sains.me/mengenal-msg-dan-bahayanya-bagi-tubuh/

https://www.alodokter.com/kontroversi-umami-dari-msg

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/angel-ai-rose/5-bahan-alami-pengganti-msg-c1c2/full