BERMAIN BERSAMA ANAK MEMBUAT IKATAN MAKIN KUAT

0 Comment

Sudah cukupkah waktu Bunda bermain bersama anak?Jika Bunda adalah ibu rumah tangga murni yang tidak bekerja di luar rumah, kemungkinan besar banyak waktu yang dapat Bunda habiskan untuk bermain dan bercanda dengan si kecil.Tetapi jika Bunda adalah ibu yang bekerja kantoran, berangkat pagi ketika anak belum bangun dan pulang malam ketika anak sudah tidur, kapan waktu yang Bunda sempatkan bersama si kecil?

Jangan lewatkan waktu bermain bersama anak, karena hal tersebut akan memberi banyak manfaat :

  • Meningkatkan komunikasi

Bermain bersama anak akan meningkatkan kemampuan anak dalam berkomunikasi. Anak akan lebih cepat berkomunikasi, melatih kemampuan mereka olah vokal mereka dalam berucap.

  • Meningkatkan kepercayaan diri

Bermain bersama anak, akan membuat anak mengenal dunia baru sehingga timbul rasa percaya diri dalam diri anak untuk selalu tanggap dengan apa yang mereka hadapi.

  • Menambah pengalaman anak

Dalam bermain, anak sekaligus juga belajar dengan hal-hal baru yang belum tentu mereka dapatkan di sekolah. Untuk itu, agar proses bermain mereka lebih bermanfaat, pantau dan bimbing mereka dengan baik, namun jangan melarang apa yang dilakukan oleh sang anak.

  • Dilepaskannya hormon oxytocin

Hormon Oxytocin adalah hormon yang memberikan rasa kebahagaian pada individu. Produksi hormon ini meciptakan keakraban antaraorang tua dan anak, sehingga semakin akrab dan semakin terlibat secara sosial dan emosional. Karenanya, orangtua dan anak akan sama-sama mampu merasa rileks dan terbebas dari stres hanya dengan melakukan permainan bersama-sama.

Apa saja yang yang bisa dilakukan bersama anak? Berikut beberapa contohnya :

  • Menyusun balok dan menciptakan bentuk-bentuk tertentu

Bunda dapat memberikan ide, apa yang mau dibentuk. Lalu bantu si kecil dalam membuat bentuk yang dimaksud.

  • Bermain tebak gambar

Bunda yang menggambar, lalu si kecil menebak apa yang Bunda maksud. Untuk anak yang lebih besar, bisa dengan tebak huruf atau angka.

  • Bermain restoran

Bunda dapat berpura-pura menjadi pembeli, sedangkan si kecil menjadi pemilik restoran yang memasak dan menyajikan pesanan Bunda.

  • Membuat kemah

Permainan yang satu ini dijamin pasti menjadi kesukaan si kecil.Ciptakan kemah di dalam rumah, bisa menggunakan selimut dan dengan bantuan kursi.Ajak si kecil untuk tidur bersama di dalam kemah.

  • Bermain ala karakter kesukaan si kecil

Si kecil pasti memiliki karakter favorit, ajak ia bermain ala karakter kesukaanya. Pasti seru deh, Bun!

Kapan waktu yang tepat bermain bersama anak?Untuk orang tua yang sibuk bekerja memang sulit untuk meluangkan waktu bermain bersama anak.Untuk mendukung tumbuh-kembang, terutama kecerdasan anak, orang tua perlu menyediakan waktu bermain dengan si kecil secara khusus dan rutin.Sisihkan waktu minimal 10 menit setiap hari untuk bermain dengan anak.Sesuaikan waktu secara fleksibel. Kapan pun memiliki waktu luang, ajaklah si kecil untuk bermain bersama..

https://meetdoctor.com/article/bermain-bersama-anak-ini-manfaatnya#/page/2

https://www.orami.co.id/magazine/5-manfaat-orang-tua-bermain-bersama-anak/

https://www.orami.co.id/magazine/5-manfaat-orang-tua-bermain-bersama-anak/