AJAK SI KECIL MAKAN BUAH DAN SAYUR SUPAYA TUMBUH KEMBANGNYA BAIK

0 Comment

Sudah menjadi bagian dari cerita para ibu yang mengeluh karena si kecil susah sekali jika diminta untuk makan sayur dan buah. Padahal buah dan sayur adalah makanan yang wajib disertakan untuk konsumsi makanan si kecil mengingat kandungan nutrisi di dalamnya penting bagi kesehatan dan tumbuh kembangnya.Pernahkah Bunda mengalami makanan yang Bunda sediakan hanya dimakan nasi dan lauknya saja, sedangkan sayurnya tidak dimakan?Atau si kecil yang melakukan gerakan tutup mulut ketika Bunda memberinya buah?

Tetapi ada juga anak-anak yang menggemari sayur dan buah, meski anak-anak yang masuk kelompok ini lebih sedikit jika dibandingkan kelompok yang tidak suka sayur dan buah.Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) anak balita dan anak usia sekolah dianjurkan untuk mengonsumsi sayur dan buah sebanyak 300-400 gram per hari. Untuk porsi sayuran 2/3 dan sisanya adalah buah.Apakah si kecil sudah memenuhi anjuran tersebut?

Untuk menyiasati si kecil supaya mau makan sayur dan buah, berikut beberapa tipsnya :

  • Variasikan resep makanan

Bunda dapat mencoba resep makanan yang ada dengan tambahan sayuran di dalamnya. Misal menambahkan wortel dan bayam cincang dalam daging yang akan dibuat menjadi bakso.

  • Mengenalkan secara berulang

Jangan menyerah jika si kecil menolak sayur atau buah yang Bunda tawarkan.Coba lagi selama beberapa kali. Jika memang ia konsisten menolak setelah mencoba rasanya, berarti ia memang tidak suka dan Bunda bisa mencoba menawarkan sayur atau buah yang berbeda.

  • Porsi kecil

Jangan memberikan sayur atau buah dalam porsi banyak.Berikan dalam porsi kecil.Jika si kecil menghabiskannya, untuk selanjutnya Bunda bisa mencoba menambahkan porsinya sedikit demi sedikit hingga memenuhi kebutuhan nutrisi si kecil.

  • Memberi contoh

Apa yang dilakukan oleh orang tua selalu menjadi panutan anak. Jika makan sayur dan buah sudah menjadi bagian dari kebiasaan lingkungan di rumahnya, tentu akan lebih mudah untuk membiasakan si kecil juga melakukan hal tersebut. Akan menjadi sulit jika ayah dan ibunya tidak suka sayur dan buah lalu memaksa si kecil untuk menyukainya.

  • Sop dan smoothies

Jika sulit untuk membiasakan si kecil untuk makan sayur dan buah secara langsung dalam bentuk yang utuh, Bunda dapat menyiasatinya dengan memotong sayur menjadi ukuran kecil dalam kuah sop, hampir semua anak kecil menyukai sop.Lalu untuk buah, dapat diolah menjadi juice atau smoothies. Sayuran segar pun dapat dicampurkan ke dalam juice atau smoothies.

Memang tidak mudah untuk mengajak si kecil makan buah dan sayur. Tetapi Bunda tetap harus mencoba berbagai cara untuk mengenalkan dan akhirnya membuat ia mau untuk mengonsumsinya. Selain tips diatas, Bunda tak perlu bingung untuk menyisipi sayuran dalam lauk. So Good memiliki varian So Good Chicken Nugget Vegie, yang didalamnya terdapat potongan sayur. Sehingga, anak pun makan dengan lezat dari kandungan protein serta terpenuhi asupan vitaminnya dari kandungan sayur. Semangat untuk mencobanya yaa Bunda!s

https://www.vemale.com/balita/114954-solusi-mudah-agar-si-kecil-senang-makan-buah-dan-sayur.html

https://www.liputan6.com/health/read/3235128/5-trik-agar-anak-doyan-makan-sayur

https://www.haibunda.com/nutrisi/d-4095251/tips-agar-anak-mau-makan-buah-dan-sayur