ANAK TUMBUH SEHAT DAN CERDAS DENGAN ASUPAN GIZI SEIMBANG

Sebagai orang tua, tentunya Bunda ingin melihat si kecil bertumbuh kembang dengan sehat dan cerdas. Salah satu cara supaya si kecil bertumbuh kembang dengan baik adalah dengan memberikan asupan makanan yang memenuhi kebutuhan gizinya. Dengan memberikan asupan makan yang baik bagi anak maka akan memberi manfaat kesehatan untuk anak. Salah satu unsur gizi yang perlu diperhatikan adalah protein. Ternyata protein memberikan banyak manfaat bagi kesehatan anak. Apa saja manfaatnya?

Kebutuhan protein untuk anak usia balita adalah 18-35 gram, sedangkan untuk anak-anak usia 5-11 tahun kebutuhan proteinnya adalah 49-60 gram per hari. Kebutuhan protein tersebut bisa didapatkan pada protein hewani, protein nabati, aneka produk olahan susu. Bunda bisa variasikan satu sama lain untuk memenuhi angka kecukupan gizi sesuai usia anak. Berikut adalah manfaat protein untuk anak :

  1. Manfaat untuk otak

Anak-anak membutuhkan protein yang cukup dan berkualitas agar dapat berpikir dengan baik. Asam amino dalam protein memperbaiki fungsi otak, asam berperan penting dalam produksi neurotransmitter norepinefrin dan dopamin, yang membantu anak-anak tetap waspada dan berenergi. Sebaliknya, ketika anak-anak mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat yang tidak mengandung protein, tingkat triptofan otak mereka meningkat dan menghasilkan serotonin, yang mungkin membuat mereka merasa lelah.

  1. Mengendalikan nafsu makan

Terkadang kita menemukan anak yang terlalu gemuk dan bahkan terlalu kurus. Nah Bunda, kita perlu nih mengendalikan pola makan mereka. Selain pola makan, Bunda juga bisa dengan mengontrol nafsu makan mereka dengan memberikan asupan protein. Mengkonsumsi makanan kaya protein membantu anak-anak tetap kenyang lebih lama, membuat mereka cenderung tidak merasa lapar di antara waktu makan, menurut penelitian, mereka yang telah makan sarapan rendah protein menunjukkan aktivitas yang lebih besar di daerah otak yang mengindikasikan lebih mudah kelaparan daripada remaja yang telah makan sarapan dengan protein tinggi.

  1. Untuk pertumbuhan

Masa anak-anak merupakan masa yang sangat penting bagi bagi pertumbuhan dan perkembangganya. Oleh sebab itu, kita perlu memberikan anak-anak asupan makanan yang berkualitas. Yakni dengan gizi protein. Mengapa protein ? Setiap sel, otot dan organ dalam tubuh anak membutuhkan protein. Ketika anak-anak makan makanan kaya protein, tubuh mereka memecah protein menjadi asam amino yang mereka butuhkan untuk tumbuh dan berfungsi optimal.

Bunda bisa memberikan misal 85 gram ayam atau daging sapi atau ikan yang menyediakan 20-25 gram protein, atau sebutir telur yang menyediakan 7 gram protein atau 200 ml susu mengandung 8 gram protein. Terlalu banyak protein dalam makanan anak bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Jika putra/putri Bunda mengkonsumsi protein lebih banyak dari yang dia butuhkan, tubuhnya akan menyimpan kelebihan kalori sebagai lemak. Untuk mendapatkan manfaat kesehatan yang optimal, anak-anak harus mengkonsumsi protein dalam jumlah yang disarankan setiap hari melalui diet seimbang dan bergizi.

 

Sumber:

Post a Comment