MENGGORENG MAKANAN YANG TEPAT, INI TIPSNYA

menggoreng makanan

Menggoreng makanan, adalah aktivitas dapur yang nyaris sulit untuk ditinggalkan. Kelezatan dan rasa gurih makanan yang tersajikan dengan cara digoreng, seringkali telah menjadi selera semua anggota keluarga. Sebagai informasi tambahan, Ibu sebaiknya tahu untuk memilih minyak goreng yang bercita rasa gurih, stabil atau tidak gampang tengik, dan bernilai gizi, misalnya mengandung asam lemak tak jenuh yang tinggi.

Tetapi Ibu pasti penasaran, seperti apakah menggoreng makanan yang baik dan sehat itu? Berikut ini tipsnya:

Suhu minyak goreng
Suhu minyak merupakan faktor penting, setelah Anda memasukkan makanan suhu minyak akan menurun. Namun dalam beberapa resep mengharuskan Anda menggoreng dengan suhu minyak 160 hingga 190 derajat Celcius. Selalu jaga minyak dalam keadaan panas, namun jika minyak terlihat berasap berarti terlalu panas. Bila demikian, makanan yang dihasilkan jadi tidak renyah, cenderung berwarna cokelat pekat, dan banyak minyak yang terserap pada makanan. Dapat dipastikan rasa makanan akan pahit dan tidak enak, maka segera angkat wajan dari kompor dengan hati-hati untuk menurunkan sedikit suhu minyak.

Jangan melempar makanan ke dalam wajan
Saat memasukkan makanan jangan pernah dilempar, memang salah satu ketakutan yang dirasakan adalah percikan api yang dapat membakar kulit atau hanya mengotori dapur Anda. Oleh karena itu kebanyakan orang akan melemparkan makanan dari jarak jauh, namun faktanya melempar makanan justru akan menambah risiko terjadinya percikan minyak.
Tipsnya adalah, Anda masukkan makanan ke dalam makanan yang panas dari jarak dekat disamping wajan, jangan diatasnya. Jika Anda masih khawatir maka bisa gunakan spatula, letakkan makanan di atasnya kemudian masukkan ke dalam minyak panas.

Perhatikan jumlah makanan dalam sekali goreng
Sebaiknya Anda hindari untuk menggoreng dalam jumlah banyak sekaligus, karena hal ini justru akan memperlama proses penggorengan. Mengapa? Karena saat Anda memasukkan banyak makanan akan terjadi penurunan suhu. Sebaiknya goreng dalam jumlah sedikit (sesuai dengan kapasitas minyak dan wajan) dan sesekali aduk gorengan supaya matang merata

Pada makanan beku, sebaiknya goreng dalam jumlah yang sedikit untuk menjaga agar suhu minyak tetap terjaga. Pastikan minyak dalam keadaan bersih dengan cara menyendoki sisa makanan atau remah gorengan yang tertinggal di dalam minyak

Tiriskan minyak terlebih dahulu
Sebelum Anda menghidangkan makanan tiriskan makanan terlebih dahulu. Tiriskan dengan tisu supaya minyak dapat terserap lebih banyak dibandingkan Anda menggunakan rak kawat atau spatula berlubang

Sudah tahu kan bagaimana cara yang tepat untuk menggoreng? Jadi makin enak nantinya produk-produk So Good yang Anda goreng. Bila Ibu punya pengalaman dan tips menggoreng makanan yang tepat lainnya, boleh berbagi di sini ya!

 

Baca artikel: Tips Menyusun Menu Masakan Untuk Keluarga

So Good hadir untuk mewakili produk daging olahan dari Japfa. Memiliki slogan "Is Very Good", So Good berkomitmen untuk selalu menghasilkan produk-produk daging olahan yang berkualitas. Seluruh produk berkualitas So Good dibuat dari daging pilihan terbaik, diolah secara higienis melalui proses yang modern, dan melalui pengawasan mutu yang ketat. Untuk produk So Good Chicken Nugget dan sejenis, telah melewati proses pemasakan pada suhu 170° C selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan cepat untuk menjamin kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungan daging olahannya. So Good enak, lezat, sehat, serta mengandung banyak gizi dan nutrisi.