FOKUS BELAJAR ANAK BISA DITINGKATKAN DENGAN INI

fokus belajar

Anak yang duduk di bangku sekolah tentu memiliki tugas yang hampir setiap hari harus dilakukan, yakni kewajibannya belajar. Hanya saja, sebagian orangtua mengeluh karena anaknya mengalami kesulitan bisa konsentrasi dan fokus belajar.

Orangtua sering melihat anak kehilangan minat belajar bahkan kadang melamun, padahal saat itu mereka sedang belajar. Indikasi masalah konsentrasi dan fokus belajar pada anak terutama bila perhatian mereka mudah pecah dan teralih. Anak mengalami kesulitan untuk fokus dalam menyimak satu hal. Hal inilah yang membuat anak kerap kali kesulitan menyelesaikan satu masalah yang terjadi padanya.

Jika hal ini terjadi, sebaiknya orangtua menyikapinya dengan bijak. Jangan langsung menyimpulkan dan memvonisnya sebagai anak yang memiliki daya konsentrasi rendah. Untuk diketahui, pada usia ini anak sedang dalam  proses menjelajah dunia untuk mengeksplorasi hal-hal baru yang ada disekelilingnya.

Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan orangtua untuk membantu anak meningkatkan konsentrasi dan fokus belajar:

Berikan waktu istirahat cukup
Ketika anak sudah lelah, sebaiknya jangan paksakan ia untuk terus dihadapkan pada buku-buku tugas dan melanjutkan belajarnya. Biarkan anak beristirahat dengan cukup, karena bila dipaksakan pun belajarnya akan menjadi kurang optimal. Misal, ketika anak baru pulang sekolah, biasakan mereka untuk mendapatkan waktu tidur siang yang cukup. Saat mereka bangun nanti, anak akan lebih segar untuk diajak berpikir. Atur juga waktu tidur mereka, agar tidak tidur terlalu larut sehingga bisa mendapatkan konsentrasi yang baik saat di sekolah.

Dahulukan agar anak terlebih dahulu menyelesaikan tugasnya
Agar anak mendapatkan konsentrasi penuh sewaktu belajar, sebaiknya dahulukan anak untuk menyelesaikan tugasnya hingga tuntas. Jangan sela waktu belajarnya dengan menyuruh anak mengerjakan pekerjaan rumah lain. Hal ini akan membuat konsentrasi dan energinya terbagi dua.

Bagilah pekerjaan kedalam beberapa bagian yang lebih kecil.
Pekerjaan yang terlalu banyak akan membuat anak-anak merasa berat terlebih dulu. Dengan membagi menjadi pekerjaan yang lebih sedikit, maka anak akan merasa lebih mudah mengerjakannya.

Atur waktu menonton televisi dan pemakaian gadget
Seringkali anak di generasi saat ini mulai kecanduan gadget dan acara televisi. Ketika anak kecanduan dengan media ini, maka fokusnya akan banyak tersita oleh media tersebut. Untuk menumbuhkan kembali konsentrasinya saat belajar, atur waktu anak dengan TV dan gadget agar tidak telalu intens.

Permainan “deadline”
Biasakan anak untuk dapat menyelesaikan tugas dalam rentang waktu tertentu, misalnya mengerjakan sepuluh soal matematika dalam waktu setengah jam. Dengan demikian dia akan lebih memfokuskan dirinya untuk menyelesaikan tugas dalam rentang waktu tersebut.

Kondisikan Posisi Belajarnya
Posisi belajar anak juga akan berpengaruh pada tingkat konsentrasinya saat belajar. Hindari anak belajar dalam posisi tiduran, sambil mengobrol, dekat dengan TV dan lain sebagainya. Posisi yang baik saat belajar adalah dengan duduk tegak dan suasana yang tenang.

Jangan pelit dengan pujian
Pada saat anak telah berhasil mengerjakan tugas yang diberikan, berikanlah pujian atas keberhasilannya. Anak-anak pantas diberi pujian atas usaha kerasnya dalam menyelesaikan pekerjaan, bukan hasil pekerjaannya.

Bila Anda punya pengalaman dan tips sendiri tentang cara meningkatkan konsentrasi dan fokus belajar anak, jangan ragu-ragu untuk berbagi di sini ya.

 

Baca artikel: Ajarkan Hal Ini Agar Anak Sukses Di Masa Depannya

So Good hadir untuk mewakili produk daging olahan dari Japfa. Memiliki slogan "Is Very Good", So Good berkomitmen untuk selalu menghasilkan produk-produk daging olahan yang berkualitas. Seluruh produk berkualitas So Good dibuat dari daging pilihan terbaik, diolah secara higienis melalui proses yang modern, dan melalui pengawasan mutu yang ketat. Untuk produk So Good Chicken Nugget dan sejenis, telah melewati proses pemasakan pada suhu 170° C selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan cepat untuk menjamin kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungan daging olahannya. So Good enak, lezat, sehat, serta mengandung banyak gizi dan nutrisi.