ASUPAN ASAM AMINO, MENGAPA DIBUTUHKAN TUBUH?

asupan asam amino

Asam amino merupakan komponen pembentuk protein. Meskipun tubuh manusia mampu menghasilkan beberapa macam asam amino, asupan asam amino dari makanan tetap sangat diperlukan oleh tubuh manusia.

Asam amino yang diproduksi oleh tubuh (terutama di dalam hati) disebut sebagai asam amino non-esensial. Sedangkan asam amino yang dibutuhkan tubuh dan diperoleh dari berbagai jenis makanan dan minuman disebut sebagai asam amino esensial. Asam amino berperan sangat penting dalam pembentukan protein sebagai bahan dasar pembentuk sel, otot, serta sistem kekebalan tubuh manusia.

Asam amino terbagi menjadi dua jenis, yaitu:

Asam amino non esensial
Adalah asam amino yang mampu diproduksi dan dihasilkan sendiri oleh tubuh manusia.  Yang termasuk golongan ini ialah alanin (alanine), asparagin (asparagine), asam aspartat (aspartatic acid), sistein (cysteine), asam glutamat (glutamaic acid), glutamin (glutamine), glisin (glycine), prolin (proline), serin (serine), tirosin (tyrosine).

Asam amino esensial
Yaitu asam amino yang tidak mampu disintesis oleh tubuh dan harus didapatkan dari asupan makanan. Yang termasuk golongan ini ialah arginin (sebagian arginin diproduksi oleh tubuh secara alami), isoleusin (isoleucine), histidin (histidine), leusin (leucine), metionin (methionine), lisin (lisin), fenilalanin (phenylalanine), triptofan (trptophan), treonin (threonine), valin (valine).
Asupan asam amino esensial bisa diperoleh dari aneka makanan yang kita makan sehari-hari.

Manfaat Asam amino untuk kesehatan

Meningkatkan massa otot
Asam amino dapat membantu meningkatkan berat badan, dan massa otot. Hal ini dikarenakan otot terbentuk dari protein yang terdiri dari bermacam asam amino esensial maupun non-esensial. Semakin banyak otot terbentuk, semakin sedikit ruang berlemak dalam tubuh, dan ini sangat baik untuk kesehatan.

Menjaga keseimbangan enzim dan hormon
Kekurangan asam amino dapat menyebabkan ketidakseimbangan enzim dan hormon dalam tubuh, terutama hormon pertumbuhan. Asam amino berfungsi memicu pelepasan insulin sehingga akan membantu menjaga tingkat keseimbangan gula darah. Sedangkan hormon pertumbuhan dapat meningkatkan perkembangan massa otot dan membantu proses pembakaran lemak menjadi energi. Asam amino juga berperan merangsang produksi hormon pertumbuhan dan memperkuat tulang serta kolagen.

Mencegah kerontokan rambut
Makanan yang banyak mengandung asam amino dapat mencegah terjadinya kerontokan pada rambut dan sekaligus dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, asam amino juga sangat penting untuk menjaga kesehatan kuku dan kulit.

Menjaga kesehatan jantung
Asam amino dapat membantu menjaga kesehatan jantung, membantu menghindari depresi, dan meningkatkan daya ingat.

Makanan yang banyak mengandung asam amino
Daging
Ayam, domba, ikan, hati, kalkun, daging sapi, kerang, udang.

Sayuran
Kembang kol, bit, tomat, persik, jamur, rumput laut, kentang, biji labu, labu kuning, seledri, apricot.

Buah-buahan
Pisang, alpukat, manga, pepaya, apel, pir, semangka.

Kacang-kacangan
Kacang polong, kenari, kedelai, kacang mete, almond, hazelnut, gandum, wijen, kecambah, kacang tanah.

Susu
Termasuk juga susu kedelai, yogurt, keju.

Telur
Kandungan nutrisi telur salah satunya adalah 9 asam amino esensial.

Untuk mendapatkan asupan asam amino yang praktis, lezat dan berkualitas dari daging ayam, sapi dan ikan, selalu sajikan produk-produk So Good seperti So Good Bone In, So Good Seafood, dan Bakso Sapi Premium sebagai menu bagi keluarga.

 

Baca artikel: Untuk Kecerdasan Anak, Ingatlah Pentingnya Protein

So Good hadir untuk mewakili produk daging olahan dari Japfa. Memiliki slogan "Is Very Good", So Good berkomitmen untuk selalu menghasilkan produk-produk daging olahan yang berkualitas. Seluruh produk berkualitas So Good dibuat dari daging pilihan terbaik, diolah secara higienis melalui proses yang modern, dan melalui pengawasan mutu yang ketat. Untuk produk So Good Chicken Nugget dan sejenis, telah melewati proses pemasakan pada suhu 170° C selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan cepat untuk menjamin kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungan daging olahannya. So Good enak, lezat, sehat, serta mengandung banyak gizi dan nutrisi.