Bagaimana Menjaga Kesehatan Peredaran Darah Kita?

Menjaga Kesehatan Peredaran Darah

Kesehatan pembuluh darah sangatlah penting untuk menjaga kelancaran peredaran darah yang ada di dalam tubuh.

Karena, melalui pembuluh darah itu aliran darah akan mengalir menuju ke organ-organ vital di dalam tubuh manusia misalnya saja menuju ke jantung, otak, hati, ginjal dan beberapa organ penting lainnya. Jika peredaran darah terganggu maka fungsi organ akan banyak yang terganggu, bahkan dapat menyebabkan lumpuh total.

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan peredaran darah di dalam tubuh manusia menjadi tidak lancar dan terhambat, salah satunya adalah penyempitan pembuluh darah dan penyumbatan pembuluh darah.

Berikut ini beberapa cara menjaga kesehatan peredaran darah  yang perlu untuk kita ketahui dan lakukan:

1. Perhatikan asupan nutrisi untuk tubuh

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang sehat merupakan suatu cara ampuh dalam menjaga kesehatan darah. Adapun nutrisi  yang penting untuk darah antara lain adalah :

a. Asam folat

Berfungsi membantu metabolisme homosisteince serta asam amino yang biasanya  ditemukan di dalam darah. Asam Folat ada di dalam buah-buahan dan sayuran berdaun hijau seperti jeruk, pisang, bayam, lobak, serta kacang-kacangan

b. Asam Lemak Omega-3

Berfungsi sebagai anti-inflamasi serta anti pembekuan darah di dalam tubuh. Asam lemak  juga membantu menurunkan kolesterol dan trigliserida dalam darah, menurunkan tekanan darah, serta menjaga kesehatan pembuluh darah agar tidak tersumbat. Nutrisi ini bisa kita dapat dari ikan salmon, kedelai, kenari, dsb.

c. Arginin

Berfungsi memproduksi oksida nitrat yang membantu menciptakan aliran darah yang sehat yaitu dengan membuat pembuluh darah menjadi rileks. Arginin terdapat pada makanan seperti kacang almond, coklat, kacang tanah, kismis, beras merah, jagung, dan juga gandum.

d. Serat

Berfungsi membantu menurunkan lonjakan gula dalam darah yaitu dengan memperlambat pencernaan karbohidrat dalam tubuh. Kita bisa dapatkan sumber serat dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

e. Zat Besi

Berfungsi membantu produksi sel-sel darah merah. Apabila kekurangan zat ini, maka mengakibatkan anemia atau yang biasa dikenal dengan kurang darah. Zat besi didapat dari sayuran dan buah-buahan seperti bayam, ikan, telur, dan masih banyak lagi.

2. Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung garam dan gula

Kurangi konsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung garam dan gula karena  terlalu banyak garam dapat menyebabkan hipertensi (tekanan darah tinggi) dan mengkonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gula dapat menyebabkan peningkatan kadar gula dalam darah.

3. Olah raga secara teratur

Dengan berolah raga maka otot-otot tubuh akan semakin kuat,  sehingga sangat membantu menjaga kesehatan darah. Selain itu juga dapat dengan mudah menerima insulin serta membantu memaksimalkan penggunaan glukosa dalam darah. Hal ini tentu saja berguna, terutama bagi mereka yang memiliki kadar gula darah yang berlebih.

4. Membatasi Asupan Lemak

Lemak  jenuh dan lemak trans yang terdapat dalam makanan juga memiliki efek yang tidak baik untuk kesehatan darah, karena akan dapat mengakibatkan rusaknya pembuluh darah serta jantung dari waktu ke waktu. Untuk itu sebaiknya anda mulai mengonsumsi beberapa jenis makanan yang lebih banyak mengandung asam lemak omega-3.

5. Rutin mengikuti kegiatan donor darah

Rutin melakukan donor darah akan membantu menjaga kesehatan darah, karena sangat berguna untuk membantu memproduksi sel-sel darah merah yang baru. Jadi anda tak perlu khawatir sel-sel darah merah dalam tubuh akan berkurang pada saat melakukan donor darah, karena sumsum tulang belakang akan segera bekerja untuk memproduksi sel-sel darah merah yang baru dan tentunya yang lebih sehat, sehingga tubuh mendapatkan pasokan atau suplai darah yang baru.

Baca juga: Mau Tahu Sumber Makanan Detoksifikasi Secara Alami?

So Good hadir untuk mewakili produk daging olahan dari Japfa. Memiliki slogan "Is Very Good", So Good berkomitmen untuk selalu menghasilkan produk-produk daging olahan yang berkualitas. Seluruh produk berkualitas So Good dibuat dari daging pilihan terbaik, diolah secara higienis melalui proses yang modern, dan melalui pengawasan mutu yang ketat. Untuk produk So Good Chicken Nugget dan sejenis, telah melewati proses pemasakan pada suhu 170° C selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan cepat untuk menjamin kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungan daging olahannya. So Good enak, lezat, sehat, serta mengandung banyak gizi dan nutrisi.