Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak

Mengajarkan Sopan Santun Kepada Anak

Sopan santun adalah bekal anak untuk terjun di masyarakat nantinya. Dengan bekal ini, citra diri anak menjadi lebih positif dan ia akan semakin dihargai oleh lingkungannya. Lalu, bagaimana mengajarkannya kepada anak?

 

Happy people, kelak anak yang dibiasakan dari kecil bersikap sopan santun akan lebih mudah bersosialisasi. Ini bisa menjadi bekal untuk kesuksesannya nanti.

Ketahuilah, mengajarkan sopan santun pada anak harus dimulai sejak dini. Saat masih balita mulailah untuk menunjukkan bagaimana bersikap sopan santun agar tertanam kuat dibenaknya.

Pendidikan yang paling efektif adalah dengan contoh dan teladan di rumah, maka berikan contoh yang baik. Sejak kecil ajarkan anak Anda dengan sikap sopan santun dengan contoh Anda sendiri. Tanpa perlu berkata-kata pun anak akan melihat sendiri bagaimana seharusnya bersikap, apalagi jika masih balita, mungkin dengan kata-kata anak tidak terlalu faham.

Terima kasih, tolong dan maaf, ini adalah tiga kata kunci dasar dalam bersikap sopan santun. Biasakan di rumah jika meminta sesuatu pada anak Anda dengan menggunakan kata “tolong”. Jika melakukan salah, kecil apalagi besar, sengaja ataupun tidak, gunakanlah kata “maaf”. Jangan lupa gunakan kata “terima kasih” jika anak melakukan sesuatu untuk Anda.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan media, misalnya melalui buku cerita dan lagu-lagu. Pilihlah buku-buku cerita atau dongeng yang baik untuk dibacakan pada anak Anda. Mereka akan mengenal karakter yang santun dalam cerita tersebut dan akan meresap ke dalam hatinya.

Jika anak bersikap kurang sopan, jangan dianggap lucu. Itu membuat anak sulit untuk memahami arti sopan santun, anak akan menganggap perbuatannya adalah hal lucu.

Kadang, anak melakukan hal-hal atau sikap yang dinilai kurang santun karena untuk menarik perhatian Anda. Karena itu, berikan perhatian pada buah hati Anda sesibuk apapun Anda di rumah.

Bagaimana? tidak sulit bukan, tapi itu akan sangat berpengaruh bagi anak Anda. Ajarkan juga kata-kata lain seperti permisi, ucapan salam dan lainnya, cara mendidik anak dengan membiasakan kata-kata dan bahasa seperti itu cukup efektif bagi anak.

Happy people, ini hanyalah beberapa cara yang bisa Anda coba. Masih banyak cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengajarkan anak bersopan santun. Kalau menurut Anda, bagaimana mengajarkan sopan santun kepada Anak?

So Good hadir untuk mewakili produk daging olahan dari Japfa. Memiliki slogan "Is Very Good", So Good berkomitmen untuk selalu menghasilkan produk-produk daging olahan yang berkualitas. Seluruh produk berkualitas So Good dibuat dari daging pilihan terbaik, diolah secara higienis melalui proses yang modern, dan melalui pengawasan mutu yang ketat. Untuk produk So Good Chicken Nugget dan sejenis, telah melewati proses pemasakan pada suhu 170° C selama tidak kurang dari 3 menit, langsung dibekukan cepat untuk menjamin kesegaran, kelezatan, dan nutrisi kandungan daging olahannya. So Good enak, lezat, sehat, serta mengandung banyak gizi dan nutrisi.